Kebakaran Hanguskan Kastil Bersejarah Warisan Dunia di Jepang

Kastil Shuri hangus terbakar | Foto: latimes.com/asia.nikkei.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, TOKYO – Kebakaran hebat melanda sebuah kastil bersejarah di Okinawa, Jepang pada Kamis (31/10) waktu setempat. Api dilaporkan menghancurkan sebagian besar kastil bernama Kastil Shuri yang merupakan salah satu situs warisan Dunia ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (31/10), aula utama kastil yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO di pulau selatan Okinawa ini tinggal rangka bangunan. Hal itu mengingat sebagian besar bangunan terbuat dari kayu yang mudah terbakar. Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah petugas pemadam berjuang untuk memadamkan api hingga Kamis (31/10) pagi waktu setempat.

Kastil Shuri yang menjadi daya tarik wisatawan ini, dibangun sekitar lebih dari 500 tahun lalu. Kastil yang diyakini telah digunakan sejak tahun 1400-an ini diketahui merupakan bagian penting dari Kerajaan Ryukyu. Struktur yang saat ini berdiri merupakan rekonstruksi yang didasarkan atas rancangan awal dan foto-foto lama kastil bersejarah tersebut.

“Penyebab kebakaran belum ditentukan, tetapi alarm kebakaran berbunyi sekitar pukul 02:03 pagi,” kata Ryo Kochi, juru bicara kepolisian prefektur Okinawa kepada kantor berita AFP.

Baca juga: Didemo Warganya, PM Lebanon Saad Hariri Mundur

Bangunan utama, serta struktur utara dan selatan kastil dilalap si jago merah, kata media setempat. Walikota Naha, Okinawa mengatakan, ia khawatir dengan laporan bahwa api dapat “mengancam atau mempengaruhi” warga di daerah kastil.

Walikota Mikiko Shiroma mengatakan kepada badan penyiar nasional NHK, kota itu akan “melakukan segalanya” untuk menghadapi kebakaran dan dampak yang disebabkannya.

Kastil Shuri terletak di atas bukit yang menghadap kota Naha, ibukota Okinawa dan dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melengkung.

Namun, bangunan itu hampir sepenuhnya hancur dalam pertempuran selama Perang Dunua II. Struktur saat ini adalah rekonstruksi. Kastil berfungsi ssebagai kampus untuk universitas negeri terbesar di Okinawa hingga 1970-an, dan telah menjadi objek wisata populer sejak itu.

Berdasarkan situs pariwisata Okinawa, kastil terbakar tiga kali selama Dinasti Ryukyu dan dibakar lagi dalam Perang Dunia Kedua selama Pertempuran Okinawa. Saat ini, kastil itu merupakan bangunan kayu terbesar di Okinawa dan dijadwalkan sebagai perehentian pada rute estafet obor Olimpiade Tokyo 2020. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*