Kabareskrim Komjen Idham Azis Ditunjuk Jabat Kapolri

Kabareskrim Komjen Idham Azis | Foto: inilah.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis untuk menjabat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri, Rabu (23/10). Nama calon Kapolri tersebut telah diusulkan ke DPR.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memberhentikan Jenderal Tito Karnavian dari jabatannya sebagai Kapolri dan posisinya sebagai anggota polisi, menyusul masuknya Tito dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode lima tahun ke depan.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa surat keputusan presiden terkait usulan pengganti Tito sudah diterima legislatif.

“Iya benar, [nama yang diusulkan adalah Kabareskrim Komjen] Idham Aziz. Pagi, sampainya [surat] jam 9,” kata Dasco saat dihubungi wartawan, Rabu (23/10).

Dasco menjelaskan setelah ini surat akan disampaikan ke Komisi III DPR. Akan tetapi karena komisi belum ada, maka penyerahan masih menunggu sampai komisi terbentuk.

“Kan komisi III baru minggu depan. Setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test. Kan komisi III-nya belum dilantik,” jelas Dasco.

Baca juga: Pamit Jadi Anggota DPR, Yasonna Laoly Kembali Masuk Kabinet Jokowi

Selama belum ada Kapolri baru, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri. Ari Dono akan memasuki masa pensiun pada Desember tahun ini.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa Tito diberhentikan menjadi Kapolri juga sebagai anggota polisi untuk mengisi jabatan lain di pemerintahan.

“Karena tidak boleh jabatan rangkap dan supaya maksimal menjalankan tugasnya. Kemudian beliau [Jokowi] menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri dan tentu saja surat pengunduran diri dari Kapolri yang menyatakan beliau [Tito] meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/10).

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menjelaskan bahwa Korps Bhayangkara itu masih menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. Namun, dia menjelaskan secara internal, Polri juga telah melakukan perencanaan untuk mendapatkan nama Kapolri berikutnya.

“Secara internal, itu kan sudah ada mekanismenya ya, tinggal menunggu bagaimana hasil keputusan dari Presiden nanti,” tuturnya.

Asep meminta agar publik bersabar dan menunggu pengumuman resmi nama-nama Menteri sekaligus pimpinan lembaga setingkat Kementerian dari Presiden Jokowi besok. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*