Kabar Perluasan Kota Jogja Caplok Sebagian Wilayah Bantul dan Sleman, Sri Purnomo: Itu Hoaks

Bupati Sleman Sri Purnomo | Foto: gudeg.net
Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Bupati Sleman Sri Purnomo menegaskan isu perluasan kota Jogja yang memasukkan sebagian wilayah di Kabupaten Sleman dan Bantul adalah tidak benar alias hoaks. Hal itu menanggapi beredarnya pesan berantai melalui Whatsapp terkait isu tersebut.

Sebelumnya, beredar informasi tentang isu perluasan Kota Jogja dengan memasukkan sejumlah desa di Kabupaten Sleman dan Bantul. Berdasarkan pesan itu, tertulis nantinya sesudah Kota Jogja melakukan perluasan wilayah, maka kecamatan akan terbagi lagi menjadi 5 kawedanan, 24 kecamatan, dan 100 kelurahan.

Alhasil, Kecamatan Caturtunggal, Sinduadi, Tirtohanggo, dan Caturtunggal dikatakan masuk dalam area perluasan itu. Padahal secara administratif, daerah tersebut saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman Sri Purnomo menegaskan berita tersebut hanya hoaks. “Tidak ada babibu, tahu-tahu muncul isu pemekaran. Itu hanya hoaks, tidak usah ditanggapi,” ujar Sri Purnomo, Senin (7/10).

Dikutip dari HarianJogja, Sri Purnomo juga meminta warga tidak perlu resah dengan adanya berita hoaks itu. “Masyarakat sudah nyaman dengan Sleman Sembada-nya,” tegasnya.

Baca juga: Pemkab Sleman Bebaskan Denda Keterlambatan Pembayaran PBB, Ini Syaratnya

Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji mengatakan, tidak pernah ada pembicaraan tentang hal itu sebelumnya. “Saya cuma dapat infonya dari WA. Sepertinya hoaks karena belum ada diskusi,” ujarnya.

Reno mengatakan, keputusan pemekaran wilayah tidak bisa dilakukan sembarangan, namun perlu adanya koordinasi dan kajian yang matang. Meskipun Condongcatur ada di daerah perbatasan Kota Jogja dan Kabupaten Sleman, dia menilai warganya tetap nyaman berada di Sleman.

Desa Condongcatur berdasarkan sejarahnya dibentuk pada tahun 1946 yang merupakan gabungan dari empat kelurahan yakni Kentungan, Manukan, Gorongan, dan Gejayan. Setelah empat kelurahan itu bergabung, Desa Condongcatur dimasukkan dalam wilayah Kabupatan Sleman.

Adapun, total luas Desa Condongcatur adalah 950 hektare dengan cakupan 218 lingkungan rukun tetangga, dan 64 rukun warga. Jumlah penduduk saat ini tercatat sekitar 50.000 jiwa. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*