Jokowi Minta Masyarakat Jadikan Batik Sebagai Duta Budaya Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dalam agenda membatik di Puro Mangkunegaran | Foto: timlo.net
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Presiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia dengan lebih mengenalkan batik kepada masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Presiden di hadapan 500 pembatik yang teridi dari berbagai kalangan termasuk pelajar dari berbagai sekolah di Solo. Agenda ini untuk memperingati Hari Batik Nasional dengan tema “membatik untuk negeri”.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir di Puro Mangkunegaran Jalan Ronggowarsito Nomor 83 Kecamatan Banjarsari Surakarta, Rabu, sekitar pukul 09.35 WIB.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI), pemimpin negara ini dihadirkan sebagai simbol, bahwa batik yang diakui UNESCO pada 2 Oktober 2009, akan terus dilestarikan di Indonesia.

“Melalui peringatan batik kita buka kembali komitmen kita terhadap batik Indonesia,” kata Jokowi, saat memperingati Hari Batik Nasional 2019 di Istana Mangkunegaran Surakarta, Rabu (2/10).

Ia mengatakan sudah menjadi tugas bersama baik itu pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga dan menciptakan karya adi luhung bangsa tersebut.

“Sejak 10 tahun lalu Unesco menjadikan batik sebagai warisan budaya asal Indonesia. Dibutuhkan komitmen seluruh pihak untuk mempertahankan penetapan dari Unesco ini,” katanya.

Meski demikian, dikatakannya, saat ini batik sudah makin berkembang di dalam negeri, terlihat dari pertumbuhan pengrajin batik, makin masifnya batik digunakan oleh masyarakat, dan makin aktifnya batik tampil di panggung fashion dunia.

Baca juga: Jokowi: UU Yang Menyulitkan Rakyat Harus Dibongkar

Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Jultin Ginandjar Kartasasmita mengatakan batik merupakan aset bangsa Indonesia. “Dalam rangka melestarikan batik salah satu kegiatannya adalah melaksanakan Hari Batik Nasional,” katanya.

Ia mengatakan peringatan Hari Batik Nasional bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional Indonesia, sehingga pasar batik selalu dapat bangkit kembali.  Kegiatan itu, juga dilakukan sebagai simbol dukungan dan kecintaan pemerintah serta masyarakat terhadap batik Indonesia.

Selain itu, YBI dalam peringatan Hari Batik Nasional juga akan meluncurkan Buku Batik Indonesia dalam bentuk buku saku dan buku elektronik (e-book), sehingga masyarakat dapat mempelajari pengetahuan umum tentang batik secara mudah.

Buku tersebut, kata dia, akan dilengkapi dengan teknologi “Augmented Reality” (AR) agar masyarakat dapat melakukan kegiatan interaktif pada saat membaca. Pihaknya berharap dengan hal itu, pembelajaran batik dapat masuk ke kurikulum sekolah, sehingga sebagai warisan budaya dapat terus teregenerasi.

Seperti dikutip dari Antara, Batik Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO, di Abu Dhabi Uni Emirat Arab, pada 29 September 2009, sebagai warisan budaya tak benda. Untuk mempertahankan pengakuan UNESCO, diperlukan tindakan nyata untuk memenuhi komponen penilaian yakni preservasi, edukasi, dan inspirasi kepada masyarakat terhadap aset yang dimiliki.

Oleh karena itu, YBI untuk membantu pemerintah dalam mempertahankan pengakuan tersebut melakukan serangkaian acara yang dilaksanakan selain kegiatan membatik massal, juga kegiatan talkshow batik, fashion show, kuliner, dan pasar batik rakyat.  (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*