fbpx

Ingin Langsung Tancap Gas, Jokowi Bakal Umumkan Susunan Kabinetnya Hari Ini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Jokowi ingin segera tancap gas dalam menjalankan pemerintahannya usai dilantik Minggu (20/10). Untuk itu, hari ini (senin(21/10) dia berencana mengumumkan susunan kabinet dan para menteri yang akan membantunya di periode kedua ini.

“Besok kita akan kenalkan dulu menteri yang telah kita pilih. Setelah dikenalkan akan segera dilantik. Dikenalkannya pagi, setelah itu dilantik,” kata Jokowi di Istana Negara, Minggu (20/10).

Kapan pelantikan menteri? “Bisa hari Senin, Selasa, Rabu,” jawab mantan gubernur DKI itu sambil tersenyum.

Menurutnya, dalam kabinet akan muncul wajah-wajah baru. Apakah dari kalangan partai politik atau profesional, Jokowi enggan membeberkan. Hanya saja dia memastikan ada menteri di periode pertama yang akan ditugaskan kembali, selain juga ada nama-nama baru.

“(Nama lama) masih banyak, tapi yang baru ada banyak. ya besok lah, sing sabar,” ujarnya.

Dia mengaku telah merampungkan susunan kabinet untuk periode kedua pemerintahan ini. Jokowi beralasan akan mengumumkan Senin (21/10) lantaran Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin akan berkunjung ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan kaisar.

“Saya kenalkan besok karena nanti sorenya, Pak Kiai Ma’ruf Amin harus ke Jepang menghadiri penobatan kaisar,” terang Jokowi.

Jokowi keluar Istana Presiden didampingi sang istri, Iriana Jokowi, ketiga anaknya; Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, Menantu Jokowi; Bobby Nasution, serta cucu Sedah Mirah Nasution.

Jokowi mengaku tidak ada yang spesial dengan pelantikannya kali ini. “Kalau rasanya lima tahun yang lalu sudah pernah, tentu saja yang kedua ini ya biasa-biasa saja. Yang penting setelah pelantikan kita kerja bersama-sama bawa negara ini pada sebuah Indonesia maju,” tuturnya.

Baca juga: Jokowi & Ma’ruf Resmi Pimpin Indonesia 2019-2024, Buktikan Janji Kampanyenya

Jokowi menyatakan pemerintahan di periode keduanya bakal menekankan pada penyederhanaan birokrasi. Caranya dengan memangkas jumlah pejabat eselon di tiap kementerian, dari empat menjadi dua level saja.

“Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” kata Jokowi dalam pidato usai resmi dilantik sebagai presiden terpilih di Gedung MPR/DPR, Minggu (20/10)

Jokowi menilai prosedur birokrasi yang panjang harus dipotong. Dia ingin penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. “Birokrasi yang panjang harus kita pangkas. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan,” ujarnya.

Jokowi mengaku, sudah sering mengingatkan kepada para menteri bahwa tugas pemerintah bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi juga membuat masyarakat menikmati pelayanan dan hasil pembangunan.

“Seringkali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya ‘Program sudah terlaksana Pak’,” ujar Jokowi.

Namun, lanjut Jokowi, setelah dicek di lapangan, ternyata rakyat belum merasakan manfaat dari kebijakan yang dibuat.

“Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat,” kata Jokowi. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *