Berkunjung ke Istana Bogor, PM Belanda Diajak Jokowi Tanam Pohon Damar

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark bersama Presiden Joko Widodo menanam pohon damar | Foto: jurnaljabar.id
Mari berbagi

JoSS, BOGOR – Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, Senin (7/10) siang berkunjung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Rutte begitu modis mengenakan batik coklat tua dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna biru dongker menunggu tak jauh dari mobil yang membawa Rutte. Jokowi pun langsung menghampiri Rutte ketika turun dari mobil.

Dikutip dari CNNIndonesia, Jokowi dan Rutte berjalan bersama ke pelataran Istana Bogor. Ia kemudian mengajak Rutte menyapa jajaran menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hingga Kepala BNPT Suhardi Alius.

Jokowi dan Rutte lantas menanam bersama Pohon Damar. Mereka berdua bergantian menempatkan tanah dalam lobang yang telah diisi Pohon Damar itu. Selepas itu, Rutte menyiramkan air ke pohon tersebut.

Rutte berharap pohon tersebut bisa tumbuh besar. Ia juga memperhatikan pohon-pohon yang pernah ditanam para tamu pimpinan negara lain ketika berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan UNESCO Bisa Mencabut Pengakuan Terhadap Batik Indonesia, Jika…

Setelahnya, Jokowi mengajak Rutte melakukan veranda talk. Veranda talk merupakan tradisi baru Presiden RI era Jokowi berupa bincang-bincang akrab dengan beberapa tamu negara di beranda Istana.

Dalam lawatan kali ini, Rutte turut didampingi Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Kedua Kepala Pemerintahan tersebut bakal melakukan sejumlah agenda, termasuk pembicaraan terkait kerja sama perekonomian.  Jokowi dan Rutte bakal membahas kerja sama Indonesia-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Kunjungan satu hari di Indonesia ini, Rutte juga akan menemui kalangan bisnis, pelajar, akademisi, dan alumni perguruan tinggi Belanda di Jakarta. Adapun dalam acara kedatangannya ke Jakarta tersebut, Kunjungan Rutte ke Indonesia kali ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik.

Rutte selanjutnya akan menuju Selandia Baru dan Australia. Untuk diketahui, Rutte sudah tiga kali berkunjung ke Indonesia dan bertemu Jokowi. Kunjungan pertama Rutte ketika Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kunjungan kedua Rutte dilakukan pada November 2016. Pertemuan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*