Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

64.958

66.226

2%

Kasus Baru

1.209

1.268

5%

Update: 7 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

HUT TNI Dapat Kado Dari Jokowi, 730 Jabatan Tambahan dan Kucuran Anggaran Rp131 Triliun

HUT ke -74 TNI | Foto: liputan6.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan menambah lebih dari 750 jabatan baru untuk perwira berpangkat kolonel dan perwira tinggi. Selain itu dalam rangka HUT ke -74 TNI, pemimpin negara memberikan kado berupa kenaikkan anggaran pertahanan pada 2020 menjadi Rp131 triliun.

Presiden mengatakan jumlah anggaran tersebut meningkat sebesar Rp10 triliun dibandingkan dengan realisasi tahun ini yang hanya Rp Rp121 triliun.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma. Dia menuturkan hal itu terkait dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI.

“Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020,” kata Jokowi pada Sabtu (5/10).

Selain itu, dia juga tengah menyusun rancangan aturan untuk menambah jabatan baru bagi TNI yang diperuntukkan bagi perwira berpangkat kolonel serta perwira tinggi.

“Pemerintah saat ini sedang melakukan harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI,” tutur Jokowi.

Baca juga: Mengenal Pasukan Elite Baru Koopssus TNI

Sedangkan untuk saat ini, kata Jokowi, pemerintah telah menambahkan 60 jabatan untuk perwira tinggi TNI. Penambahan jabatan itu, lanjutnya, dalam rangka mengoptimalkan peran prajurit TNI.

Jokowi menuturkan pemerintah juga terus menambah jumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) guna memenuhi target kekuatan pokok minimum atau minimum essensial forcer (MEF) tahap II.

Saat ini, pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan kemandirian industri pertahanan nasional, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. “Serta meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga waktu 30 tahun. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020.

Sejumlah pejabat negara dan tokoh penting terlihat menghadiri acara perayaan HUT TNI ke-74 yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma.  Jokowi terlihat hadir di lokasi sekitar pukul 07.50 WIB dengan didampingi ibu Iriana Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga terlihat hadir bersama Mufida Kalla. Selain itu, tampak pula wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin. Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Andhika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna telah lebih dulu hadir.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga terlihat hadir antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Sumarno, dan sebagainya. (lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*