Begini Makna Batik Bergambar Prabowo – Jokowi, Hadiah Gibran ke Santri Al-Muayyad

Gibran memberi hadiah batik bergambar Prabowo dan Jokowi ke santri | Foto: Tono/joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Mantab maju di Pilwalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka sambangi Pondok pesantren Al-Muayyad. Bukan mau kampanye, Putra Sulung Presiden Jokowi itu mendorong para santri untuk menjadi entrepreneur. Ayah Jan Ethes itu juga menghadiahi batik bergambar Jokowi-Prabowo.

“Iya ini perlambang persatuan Indonesia,” katanya, ujar putra sulung Presiden Jokowi ini kepada santri Al Muayad Solo bernama Nurul Fajar Nugroho dalam acara Talkshow Ngaji Ekonomi Kreatif terkait Hari Santri di Pondok Pesantren Al-Muayyad, Sabtu (26/10).

Sementara itu, kepada JoSS.co.id Gibran menceritakan hasil pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Dia mengatakan, Mega memintanya untuk membaca buku karangan Dr Ir Soekarno bila benar-benar serius terjun ke politik setelah mendaftar sebagai anggota partai banteng moncong putih PDIP.

Seperti diketahui, Gibran diundang sebagai salah satu pembicara dalam acara Talkshow Ngaji Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Al-Muayyad. Gibran mengenakan baju koko putih, sarung bermotif batik coklat dan sandal selop.

Sampai di panggung, Gibran langsung mencium tangan pimpinan Ponpes Al-Muayyad, KH Abdurrozaq Shafawi dan salah satu pembicara lain, KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf. Dia kemudian duduk di kursi pembicara.

Namun Gibran hanya sebentar duduk di kursi, kakak Kaesang Pangarep itu kemudian memilih duduk lesehan di karpet seperti ratusan santri dan santriwati lainnya.

Baca juga: Soal Pilkada Solo, Gibran: Saya Tetap Berjuang Maju Lewat PDIP
Batik bergambar Prabowo dan Jokowi | Foto: Tono/joss.co.id

Dia menyampaikan beberapa tips sukses berwirausaha, terutama di bidang kuliner. Menurutnya, usaha dapat dimulai dari hal-hal yang ada di sekitar kita.

” Saya akui usaha saya sebenarnya dari hal-hal sepele. Ada martabak, es doger, nasi telur. Ini kan semua orang bisa buat, tapi yang penting adalah branding, kemasan juga dipercantik,” ujar Gibran yang meminta anak muda jangan takut berwiraswasta hanya karena kendala modal atau tidak ada yang memfasilitasi.

“Jangan dianggap dupeh saya anak presiden modal ya tetap pinjam bank. Anak muda yang berniat berwiraswasta sekarang lebih mudah buat proposal kalau usahanya layak pihak bank tentu bisa suport,”ujarnya.

Sementara itu, terkait sarung batik yang dikenakannya, merupakan sarung karya santri Al – Muayyad. “Saya punya empat sampai lima motif sarung. Ini kan merupakan sarung karya santri Al-Muayyad,” ucapnya.

Sarung batik itu merupakan salah satu produk Pondok Pesantren Al-Muayyad. Sarung dengan brand ‘Lar Gurda’ ini menampilkan sejumlah motif batik tradisional. ”Ini kan produksinya Gus Irfan (salah satu pengasuh Ponpes Al-Muayad). Saya beli,” ucapnya.

Gibran menekankan perlunya memulai wirausaha sejak muda tanpa harus mengumpulkan banyak modal. ”Saya itu memulai buka usaha sejak usia 23 tahun. Makanya saya mendorong Kaesang itu berwirausaha sebelum usia 23 tahun. Walhasil dia membuka Sang Pisang saat masih kuliah. Sekarang cabangnya sudah 90 outlet, bahkan ada yang di Malaysia,” tuturnya. (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*