Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

57.770

59.394

2%

Kasus Baru

1.385

1.624

17%

Update: 2 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Sejumlah Kawasan dan Bangunan di Lasem Diusulkan Jadi Cagar Budaya

Kawasan pecinan Lasem | Foto: bbc
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan sejumlah bangunan tua dan kawasan yang memiliki nilai sejarah di Lasem dan sekitarnya untuk menjadi cagar budaya. Sedikitnya ada tiga kawasan dan lima bangunan kuno.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto Pemkab Rembang menargetkan tiga kawasan dan lima bangunan kuno tersebut bisa ditetapkan menjadi cagar budaya tahun 2019.

Ia mengungkapkan kawasan yang dimaksudkan adalah kawasan pecinan Lasem, Situs Plawangan, dan Situs Perahu Kuno Punjulharjo. Kawasan tersebut memiliki nilai sejarah tinggi adanya perkembangan kebudayaan di wilayah itu.

Selain ketiga kawasan itu, ada lima bangunan bersejarah yang akan diusulkan, yakni cungkup Makam P. Sedo Laut, bangunan bekas Stasiun Rembang, Kantor Polsek Lasem, Gedung Dekranasda, dan Kantor Pegadaian Rembang.

“Untuk kawasan yang ditargetkan jadi cagar budaya pada tahun ini adalah Kawasan Pecinan, Situs Plawangan dan Situs Perahu kuno Punjulharjo. Sementara untuk bangunan kunonya yakni: Makam Sedo Lautm Bangunan bekas Stasiun Rembang, Kantor Polsek Lasem, Gedung Dekranasda dan kantor Pegadaian Rembang,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Lima Bangunan Bersejarah di Cimahi Masuk Cagar Budaya

Dia menjelaskan sebelumnya sudah ada lima bangunan bersejarah yang lebih dahulu ditetapkan sebagai cagar budaya.

Kelima bangunan yang telah terlebih dulu ditetapkan sebagai cagar budaya adalah bangunan induk dan pendopo museum R.A. Kartini, Ruang Mengajar R.A. Kartini, bangunan bekas Stasiun Kereta Api Lasem, Situs Terjan, serta struktur regol Museum R.A. Kartini.

“Beberapa kawasan dan bangunan kuno tersebut tersebar di beberapa tempat di daerah ini,” kata Dwi, Jumat (6/9).

Anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Rembang, Edi Winarno, mendukung upaya penetapan kawasan maupun bangunan bersejarah menjadi cagar budaya.

Beberapa kawasan yang menjadi prioritas tahun ini, seperti Situs Plawangan, Pecinan dan Punjulharjo sebelumnya juga sering kali dilakukan penelitian.

“Untuk pelibatan TACB, nantinya tentu akan menelaah kembali sejumlah objek-objek yang diusulkan menjadi cagar budaya, termasuk berkonsultasi ke beberapa pihak, seperti Arsip Nasional Republik Indonesia,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*