fbpx Press "Enter" to skip to content

Pengisian Avtur di Bandara Ahmad Yani Semarang Kini Lebih Cepat

Selasa, 10 September 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pengisian bahan bakar pesawat (avtur) di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ahmad Yani, Kota Semarang kini semakin cepat. Pasalnya PT Pertamina (Persero) telah meresmikan fasilitas 4 Tangki Modular dengan kapasitas hingga 92 kilo liter (KL).

Iin Febrian, General Manager Marketing Operation Region IV PT Pertamina (Persero) mengatakan, tujuan pembangunan 4 Tangki Modular dengan total kapasitas 92 KL ini adalah untuk kepuasan pelanggan, mulai dari kecepatan layanan dan fleksibilitas waktu operasi.

Sebelumnya, pengisian avtur di bandara tersebut menggunakan floating storage dengan kapasitas maksimal 48 KL, yang bersifat mobile dari DPPU lama ke DPPU baru untuk mempercepat pelayanan pengisian avtur.

“Pembangunan Tangki Modular ini adalah upaya Pertamina untuk menyesuaikan kebutuhan pengisian avtur di pesawat sejak Bandara Ahmad Yani Baru beroperasi pada awal Juni 2018 lalu,” paparnya dalam siaran pers, Senin (9/9).

Menurutnya, penghematan waktu yang diperlukan untuk melayani pengisian avtur di pesawat menjadi lebih singkat, kurang lebih 10 menit. Awalnya pengisian bahan bakar itu membutuhkan waktu rata-rata 20 menit untuk setiap pesawat.

Baca juga: Kapasitas Kargo Ahmad Yani Meningkat, Ekspor Jateng Terbuka Lebar

Karena fasilitas permanen pengisian pesawat masih berada di bandara yang lama, selama 9 bulan sejak 6 Juni 2018 hingga 1 Maret 2019 Pertamina DPPU Ahmad Yani menggunakan trolley dan 2 floating storage untuk melayani pengisian pesawat di Bandara Ahmad Yani Baru.

Selanjutnya, setelah dilakukan serangkaian uji kelayakan, pada akhir Agustus 2019, DPPU Ahmad Yani dapat menggunakan fasilitas baru.

Di wilayah Marketing Operation Regional IV, DPPU Ahmad Yani Baru merupakan DPPU ke-2 Terbesar yang melayani pengisian avtur setelah DPPU Adi Sucipto.

Saat ini, DPPU Ahmad Yani Baru melayani 16 jam operasional pengisian pesawat dengan frekuensi pengisian harian 60 refuelling/day kepada 13 maskapai domestik, 2 maskapai internasional dan Puspernerbad TNI-AD.

Fasilitas  yang diresmikan pada hari ini terdiri dari 4 tangki modular dengan kapasitas masing-masing 23 Kilo Liter (KL), 1 unit drain tank kapasitas 2,5 KL, 2 panel modul pompa kapasitas 300 Gpm, 2 panel vessel Filter Water Separator, dilengkapi dengan water detector system, dan genset dengan kapasitas 50 KpA. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id