Mengenal Keragaman Payung Nusantara di Prambanan

Festival Payung Indonesia 2019 | Foto: twitter kabarilman.com @ilmannafi_an
Mari berbagi

JoSS, KLATEN – Dalam dua hari terakhir, Candi Prambanan menjadi semakin cantik dan meriah. Candi Hindu terbesar di Indonesia itu benar-benar menjadi galeri buat payung tradisional nusantara. Venue Festival Payung Indonesia 2019 pada 6-8 September itu menampilkan beragam karya payung dari sejumlah daerah.

Payung-payung tersebut ditampilkan dengan karakter khasnya. Sedikitnya terdapat 15 kelompok pengrajin dan penggiat craft yang bergabung. Mereka datang dari beberapa daerah, seperti Yogyakarta, Klaten, Banyumas, Kendal, Malang, dan Tasikmalaya. Ada juga perwakilan payung tradisi dari Sawahlunto dan Klungkung.

Heru Mataya, Direktur Program Festival Payung Indonesia 2019 mengatakan ada banyak versi payung yang ditampilkan daerah di sini. Kesemuanya itu artistik dengan karakternya masing-masing. Wisatawan bisa menikmati karya terbaik itu secara utuh.

“Mereka bisa berkomunikasi atau bahkan belajar langsung dengan para pengrajinnya di venue festival,” katanya, seperti dikutip dari Liputan6.

Dalam budaya Jawa, payung atau Songsong (sebutan untuk krama inggil) bahkan bisa menjadi penanda strata sosial. Bagi seorang raja, payungnya direpresentasikan melalui Gubeng, Bawat, dan Agung. Penandanya ada 3 susunan payung. Untuk para pangeran, payungnya berupa Songsong Gilap.

“Payung memang menjadi sebuah tradisi yang luar biasa. Posisinya sangat tinggi di beberapa kalangan, bahkan menjadi simbol strata sosial. Lebih detailnya, silahkan datang ke Festival Payung Indonesia 2019 ini. Apalagi, Jumat ini baru dibuka,” ujar Heru lagi.

Baca juga: Kawasan Borobudur-Jogja-Prambanan Jadi Poros Wisata

Beragam keunikan juga ditawarkan payung-payung khas Juwiring, Klaten. Daerah itu identik sebagai penghasil payung kertas sejak 1965.

Pada eranya, hasil produksi payung Juwiring pun sudah diekspor ke mancanegara. Bahan bakunya Bambu Wulung hingga Kayu Mahoni atau Kenanga. Warnanya beragam. Coraknya khas dengan galur bunga hingga dekoratif.

“Festival Payung Indonesia 2019 memang menawarkan beragam karakter payung. Semuanya artistik dan sangat memanjakan mata. Payung-payung tradisional ini tentu menjadi kekayaan lain pariwisata di Indonesia. Semakin menegaskan nusantara sebagai destinasi wisata terbaik bagi dunia,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Keunikan juga ditawarkan payung tradisional khas Kendal. Apalagi, Kendal memiliki beberapa sentra penghasil payung tradisional seperti Kampung Ngaglik di Kaliwungu. Jenis yang dikembangkannya itu berupa payung kertas dengan rangka utama bambu.

Membutuhkan waktu lama, prosesnya pun diawali dengan membuat jari-jari dari bambu. Setelah dirangkai dan diikat dengan tali, baru ditempel kertas.

Setelah payung jadi, proses berikutnya finishing. Sentuhan hiasan berupa lukisan diberikan. Motifnya pun beragam dengan acuan bunga, daun, bahkan hewan.

“Warna dan corak yang ditawarkan memang jadi daya tarik tersendiri. Karya warisan leluhur tersebut tentu harus dilestarikan. Sebab, nilainya sangat tinggi. Setelah datang ke festival ini, kami berharap para milenial juga mau melestarikannya,” kata Rizki. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*