Kawasan Karst Citatah Diproyeksikan Berstatus Geopark Nasional, Apa Saja Isinya?

Stone Garden | Foto: pesona.travel/dudi sugandi
Mari berbagi

JoSS, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung upaya menjadikan kawasan karst Citatah agar berstatus Geopark Nasional pada 2020. Kawasan seluas 30 hektare ini berupa bebatuan di dataran tinggi sehingga disebut Stone Garden.

Pengunjung akan di bawa ke nuansa zaman batu purbakala nan eksotik dan indah, ditempat tersebut juga terdapat Indiana Camp. Status geopark sangat dibutuhkan sebuah kawasan untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Menurut pria yang kerap disapa Kang Emil ini, ada sejumlah geopark di Jabar dengan berbagai level mulai nasional ada yang internasional. Menurutnya ditetapkannya status geopark sebuah kawasan akan mempermudah pengelolaanya.

“Jadi mana saja yang punya potensi termasuk karst Citatah kita dorong, hal ini penting untuk meningkatkan kunjungan wisata dan demi terjaganya ekosistem kawasan,” katanya, Selasa (17/9).

Menurutnya, status geopark sangat dibutuhkan sebuah kawasan untuk meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, dari sisi ekosistem kawasan akan lebih terjaga oleh berbagai pihak.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan sudah meminta pemerintah Kabupaten Bandung Barat menginventarisasi lahan, khususnya di objek wisata Stone Garden yang menjadi bagian dari Gunung Masigit, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat.

Baca juga: Genjot Pariwisata, 3 Dermaga Baru di Bali Segera Dibangun

Menurutnya Stone Garden telah masuk dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 72 sebagai salah satu Geopark yang akan dikembangkan di Jabar agar menjadi geopark nasional dengan nama Geo Park Rajamandala.

“Jalan dan fasilitas akan dibenahi, termasuk ketersediaan air juga jadi catatan kami, termasuk edukasi untuk menjaga kelestarian alam. Makanya, pembenahan yang dilakukan nanti tidak akan sembarangan karena aspek lingkungan harus tetap dijaga,” kata Dedi, seperti dikutip dari Detiknews.com.

Ia yakin karst Citatah bisa menjadi geopark nasional tahun depan. Nantinya, kars Citatah akan menjadi objek wisata unggulan baru.

“Kami optimistis wilayah ini menjadi Geopark Nasional bisa diwujudkan tahun depan. Dengan luas lahan sekitar 30 hektare Stone Garden dan Indiana Camp bisa menjadi objek wisata unggulan di Jabar bahkan nasional,” kata Dedi.

Dia menjelaskan pengembangan tak hanya terbatas di sektor wisata alam. Ada elemen budaya yang bisa juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan konsep pertunjukan kesenian tradisional.

“Festival budaya akan digelar di Stone Garden sebagai agenda tahunan. Ini menjadi faktor penting untuk menarik wisatawan,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan saat ini pihaknya tengah membenahi kawasan Karst Citatah atau stone garden tersebut untuk menjadi destinasi wisata unggulan.

“Jalan dan fasilitas akan dibenahi. Ketersediaan air juga termasuk edukasi untuk menjaga kelestarian alam. Pembenahan yang dilakukan nanti tidak akan sembarangan karena aspek lingkungan harus tetap dijaga,” ucapnya, belum lama ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*