COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Jadi Destinasi Wisata Purbakala, Situs Sekaran Akan Dilengkapi Rest Area

Situs Sekaran
Situs Sekaran di lokasi pembangunan jalan tol Pandaan-Malang | Foto: antara
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MALANG – Penemuan Situs Sekaran di lokasi pembangunan jalan tol Pandaan-Malang, mendorong Pemerintah Kabupaten Malang untuk melestarikan situs itu menjadi sebuah destinasi wisata. Tak hanya itu, kawasan tersebut bakal dijadikan rest area jalan bebas hambatan itu.

Plt Bupati Malang, Sanusi mengatakan situs yang ditemukan diwilayah itu merupakan peninggalan pra-Majapahit, keberadaannya sangat penting da harus dilestasikan untuk itu dijadikan sebagai destinasi wisata purbakala.

“Kami berencana menjadikan destinasi wisata purbakala di bawah Dinas Pariwisata. Dan di sini nanti juga dibangun rest area, karena berdekatan dengan jalan tol,” ungkap Plt Bupati Malang, Sanusi usai mendatangi situs Sekaran di Desa Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang, seperti yang dilansir dari detik.com, Selasa (2/4).

Hujan deras yang mengguyur lokasi situs, tak menyurutkan Sanusi bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Malang mendekati lokasi situs. Sanusi juga didampingi Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad untuk mematangkan rencana pelestarian kawasan konservasi cagar budaya itu.

Sanusi menyebut, Pemkab Malang sudah berkomitmen mengelola situs Sekaran sekaligus melestarikannya. Menurut dia, peninggalan sejarah ini, bisa menjadi sarana edukasi masyarakat dan juga generasi muda.

Baca juga: Situs Sokoliman Diyakini Masih Tersebar Luas di Desa Bejiharjo

“Kita memang harus ikut melestarikan, dan akan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dalam pelestariannya,” ujarnya.

Untuk bisa mewujudkan rencana besar itu, tambahnya, konsep pendirian destinasi purbakala tengah digagas secara serius.

“Adanya rest area tengah kita usulkan ke PT Jasa Marga. Agar siapa saja pengguna tol bisa singgah dan melihat area situs ini nantinya. Konsep pembangunan tengah kami rencanakan sebaik mungkin, begitu juga dukungan anggaran yang bakal diambilkan dari DAK tahun 2020 nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menyebut ada beberapa rekomendasi yang disepakati untuk pelestarian situs Sekaran ini.

“Semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikannya. Pemkab Malang sudah memiliki rencana menjadikan sebagai destinasi wisata edukasi purbakala,” terang Made.

Sebelumnya, saat situs Sekaran ditemukan beberapa waktu lalu, warga Dusun Sekaran, mulai memagari area situs di tol Pandaan-Malang. Pemagaran untuk melindungi area situs yang baru saja dilakukan penggalian agar tidak rusak. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*