Jangan Asal Pilih Botol Minum Plastik, Ini Bahayanya

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah tengah getol memerangi penggunaan sampah plastik, termasuk air minuman kemasan. Alhasil sebagian besar masyarakat kini beralih menggunakan botol yang bisa diisi ulang. Namun tahukan anda, jika botol yang kita pakai belum tentu aman?.

Sebelum membuat pilihan tepat untuk botol bekal minuman anda, sebaiknya pahami dulu bahaya yang mengintai orang yang minum air putih dari botol plastik. Dikutip dari laman berita Boldsky, Rabu (4/9), memberikan tip kesehatan mengenai bahayanya minum air putih dari botol plastik.

Botol plastik sekali pakai untuk air mineral mengandung bahan kimia Polythene terephthalate (PET) yang dapat mencemari lingkungan. Kini, kebanyakan perusahaan air minum dalam kemasan menyiasatinya dengan menggunakan botol berbahan Bisphenol A (BPA) yang dapat digunakan secara berkala.

Namun, jika botol plastik yang menggunakan bahan kimia BPA itu terkena sinar matahari, maka bahan kimia tersebut akan menguap dan tercampur dengan air mineral.

Baca juga: Harga Plastik Kresek Bakal Rp500 Per Lembar, Masih Mau Gunakan Plastik?

BPA yang terkandung dalam botol plastik juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan serta janin. Selain itu, kandungan BPA juga bisa menyebabkan bayi yang lahir menjadi cacat.

Bahan kimia BPA yang terkandung dalam botol plastik bisa memperlemah sistem imun tubuh manusia. Melemahnya sistem imun akan mempermudah manusia terserang infeksi.

Akan sangat berbahaya jika kandungan bahan kimia dari botol plastik masuk ke dalam tubuh, khususnya ke hormon estrogen. Akibatnya, hal ini akan menyebabkan penurunan kesuburan wanita, meningkatnya kadar lemak dalam tubuh, serta mempengaruhi sistem syaraf.

Kandungan bahan kimia dalam botol plastik sangat berbahaya, terutama jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Ada empat cara mudah untuk hidup sehat sekaligus mencegah bahan kimia dari botol plastik masuk ke dalam tubuh, yaitu biasakan minum air putih dari tempat yang berbahan kaca atau stainless steel,

Pilihlah dan gunakan botol yang bebas dari kandungan bahan kimia BPA (BPA-free), biasakan bawa air minum dari rumah, menggunakan bahan yang aman, dan lternatif terakhir, gunakan botol plastik yang memiliki kode segitiga nomor lima. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*