fbpx Press "Enter" to skip to content

Delapan Fraksi DPRD Jateng Dibentuk, Demokrat Gabung Nasdem

Selasa, 10 September 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jateng telah membentuk delapan fraksi yang terdiri darai tujuh partai peraih kursi terbanyak dan satu fraksi gabungan Demokrat dan Nasdem.

Dalam Rapat Paripurna pertama Senin (9/9) telah disepakti pembentukan fraksi sebanyak delapan, masing-masing Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Gerindra, Fraksi PPP, Fraksi PAN, dan Fraksi Gabungan Demokrat dan Nasdem.

Keputusan itu dibacakan pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Bambang Kusriyanto dan Wakil Ketua Sementara Sukirman, Senin (9/9/2019). Turut hadir dalam rapat tersebut Gubernur Ganjar Pranowo

Berikut susunan pengurus fraksi partai politik di DPRD Provinsi Jawa Tengah:

Fraksi PDI Perjuangan: Ketua Bambang Haryanto Baharudin, Wakil Ketua MH Zainudin, Sekretaris Eko Susilo, dan Bendahara Rr Maryati. Untuk Fraksi PKB, Ketua Syarif Abdillah, Wakil Ketua H Romli, Sekretaris Wakhid Jumali dan Bendahara H. Abdul Hamid.

Adapun Fraksi Partai Golkar, Ketua Muhammad Saleh, Wakil Ketua Sidi Mawardi, Sekretaris Masfui Masduki dan Bendahara Supriyanto. Fraksi PKS, Ketua Arifin Mustofa, Wakil Ketua Setyabudi Wibowo dan Sekretaris Riyono.

Untuk Fraksi Gerindra, Ketua Rohmat Marzuki, Wakil Ketua Iskandar Zulkarnain, Sekretaris Dwi Yasmanto dan Bendahara Iskhak. Sementara itu, Fraksi PAN, Ketua Wahyudin Noor Aly, Wakil Ketua Mustolih dan Sekretaris Muhammad Yunus.

Baca juga: Bambang Kusriyanto Tekankan Kritis Terhadap Pemerintah dan Disiplinkan Dewan

Fraksi PPP, Ketua Masruhan Samsurie, Wakil Ketua Muhammad Ngainirrichadl, dan Sekretaris Hj Sholehah Kurniawati. Fraksi Demokrat dan Nasdem Ketua Kholik Idris, Wakil Ketua Joko Haryanto dan Sekretaris Akhwan.

Sesuai ketentuan untuk dapat membentuk satu fraksi di DPRD Jateng minimal harus memiliki lima kursi di dewan.

Berdasarkan hasil pemilu serentak 2019, tercatat PDIP meraih 42 kursi, PKB meraih 20 kursi, Gerindra meraih 13 kursi, Golkar meraih 12 kursi, PKS meraih 10 kursi, PPP meraih 9 kursi, PAN meraih 6 kursi, Demokrat meraih lima kursi dan Nasdem tiga kursi.

Nasdem yang tidak bisa membentuk fraksi sendiri kemudian memilih bergabung dengan Demokrat.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin mengatakan ada beberapa agenda yang harus diselesaikan pada bulan ini. Setelah pelantikan, terlebih dulu anggota DPRD menyusun peraturan tata tertib (tatib), membentuk fraksi, barulah kemudian pimpinan definitif.

“Untuk pimpinan DPRD masih mengacu UU No 23 yakni satu ketua dan empat wakil (PKB, Gerindra, PKS, Golkar). Tidak dipungkiri ada wacana dengan jumlah 120 anggota, jumlah wakil ketua ada lima orang. Terlepas itu semua sepenuhnya kami serahkan kepada anggota DPRD,” ucapnya.

Secara keseluruhan, DPRD Jateng masa bakti 2019-2024 akan gerak cepat untuk menyelesaikan sejumlah agenda-agenda kerja yang masih tersisa. Pertama menindaklanjuti evaluasi APBD 2019 dari Mendagri, dua menyelesaikan pengesahan beberapa raperda seperti Sarana Migas, Perhubungan. Terpenting adalah mengejar pengesahan RAPBD 2020. “Kami gerak cepat supaya tidak ada pekerjaan yang molor termasuk APBD 2020,” ucap Urip. (ADV)

Berikut susunan tabel pengurus fraksi:

Fraksi PDI Perjuangan

Bambang Haryanto Baharudin Ketua
MH Zainudin Wakil Ketua
Eko Susilo Sekretaris
Rr Maryati Bendahara

Fraksi PKB

Syarif Abdillah Ketua
H Romli Wakil Ketua
Wakhid Jumali Sekretaris
H. Abdul Hamid Bendahara

Fraksi Partai Golkar

Muhammad Saleh Ketua
Sidi Mawardi Wakil Ketua
Masfui Masduk Sekretaris
Supriyanto Bendahara

Fraksi PKS

Arifin Mustofa Ketua
Setyabudi Wibowo Wakil Ketua
Riyono Sekretaris

Fraksi Gerindra

Rohmat Marzuki Ketua
Iskandar Zulkarnain Wakil Ketua
Dwi Yasmanto Sekretaris
Iskhak Bendahara

Fraksi PAN

Wahyudin Noor Aly Ketua
Mustolih Wakil Ketua
Muhammad Yunus Sekretaris

Fraksi PPP

Masruhan Samsurie Ketua
Muhammad Ngainirrichadl Wakil Ketua
Hj Sholehah Kurniawati Sekretaris

Fraksi Demokrat dan Nasdem

Kholik Idris Ketua
Joko Haryanto Wakil Ketua
Akhwan Sekretaris

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id