fbpx Press "Enter" to skip to content

Lantik Selir, Raja Thailand Dobrak Tradisi Kerajaan Abad Ini

Rabu, 7 Agustus 2019
Mari berbagi

JoSS, THAILAND – Raja Thailand Maha Vajiralangkorn membuat tindakan kontroversi terkait pernikahannya. Baru tiga bulan menikahi kekasihnya Suthida Vajiralongkorn dan mengangkatnya sebagai ratu, raja melantik mantan pacarnya, Sineenat Wongvajirapakdi, menjadi selir kerajaan.

Sineenat Wongvajirapakdi resmi diangkat selir kerajaan di depan istri Raja yang baru dinikahi 3 bulan lalu. Pengangkatan Sineenat ini seolah mendobrak tradisi Kerajaan Thailand yang berlangsung selama satu abad terakhir.

Pasalnya, menurut sejarah Negeri Gajah Putih, posisi selir resmi tak pernah diakui oleh pemerintah Thailand dan penunjukkan terakhir kalinya adalah pada tahun 1921.

Dikutip dari laman Astro Awani, momen ini terjadi pada hari Jumat (2/8). Upacara tersebut disiarkan langsung secara nasional sehingga bisa disaksikan oleh semua rakyat Thailand. Upacara pelantikannya sendiri berlangsung menggunakan adat istiadat kerajaan.

Sineenat yang kala itu mengenakan busana adat berwarna merah harus bersimpuh untuk mendapat percikan air suci dari raja dan permaisuri.

Menariknya, sepanjang acara, permaisuri Suthida Vajiralongkorn yang dinikahi sang 3 tahun lalu hanya duduk terdiam melihat suaminya kini memiliki madu.

Tak hanya mendapat gelar selir, Sineenat juga dianugerahi 4 medali dari Raja Maha Vajiralongkorn. Yakni Most Illustrious Order of Chula Chom Klao, 1st Class, dan the Most Exalted Order of the White Elephant.

Baca juga: Wat Chalong Vihara Terbesar di Thailand Jadi Favorit Wisatawan

Sosok Sineenat Wongvajirapakdi sendiri bukanlah orang baru di kehidupan Raja Maha Vajiralangkornm. Mengutip laman The Sun, jauh sebelum menjadi kekasih sang raja, ia adalah ajudan senior dari kesatuan polisi Ratchawallop.

Sineenat yang kini berusia 34 tahun bahkan telah meraih gelar mayor jenderal. Pengangkatan Sineenat sebagai selir resmi seolah menambah daftar panjang kontroversi Raja Vajiralangkornm yang baru saja dilantik menjadi Raja Thailand sejak 4 Mei 2019 lalu.

Bagaimana tidak, raja 67 tahun tersebut telah menikah 4 kali dan bercerai dengan 3 istrinya. Sang Raja menikah pertama kali pada tahun 1970, dengan sepupunya Soamsaawali Kitiyakara.

Pernikahan pertamanya tak berjalan mulus dan bahagia lantaran ia dikabarkan menjalin hubungan dengan seorang aktris saat masih resmi menikah dengan istri pertamanya.

Sang aktris, Sujarinee Vivacharawongse, kemudian dinikahi sang Raja pada 1994, setelah bercerai dengan istri pertamanya.

Istri pertama dan kedua sang Raja, bahkan diasingkan di pulau terpencil. Bahkan Vajiralongkorn menanggalkan gelar kerajaan 4 dari 5 anaknya dari pernikahannya yang kedua.

Melansir laman Weekly Times Now, Raja Maha Vajiralongkorn kemudian menikah dengan Istri ke-3 nya, Srirasmi Suwadee, pada tahun 2001.

Namun, lagi-lagi perjalanan rumah tangga dengan istri ketiga kandas dan berujung perceraian pada tahun 2014.

Pada tahun 2008, Raja Vajiralongkorn kembali diisukan dekat dengan Suthida Vajiralongkorn yang kini menjadi istri keempatnya.

Keduanya kemudian menikah pada 1 Mei 2019, meski pada akhirnya Suthida akhirnya harus merelakan dirinya dimadu oleh sang suami 3 bulan kemudian. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id