Inovasi CAK eMus Diklaim Mampu Lahirkan 77 Startup Baru di Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini | Foto: twitter
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengklaim inovasi CAngKrukan Entrepreneur MUda Surabaya (CAK eMus) yang mereka rintis telah berhasil melahirkan sebanyak 77 bisnis rintisan (startup) berstatus residen.

Selain itu, jumlah visitor (non-residen) per hari rata-rata mencapai 253 orang.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, inovasi tersebut memiliki co-working space bernama Koridor untuk membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang selalu bersentuhan dengan dunia digital.

“Ini bisa lahirkan wiraswasta baru, dimana ruang sudah bukan jadi batasan lagi. Semua bisa ditempuh dengan menggunakan industri 4.0,” ujar dia dalam sebuah keterangan tertulis, Kamis (29/8).

Wanita yang akrab disapa Risma itu menyampaikan, CAK eMus juga mengisi Koridor dengan berbagai event, workshop, dan seminar bagi para entrepreneur secara gratis. Memanfaatkan mal milik Pemkot Surabaya, lanjutnya, Cak eMus menyediakan fasilitas internet lengkap, suasana nyaman, serta atmosfer kreatif yang kondusif bagi para pemuda untuk bisa bertukar pikiran.

Baca juga: Suroboyo Bus Rute Surabaya – Sidoarjo Rintis Jalur MERR

Dengan susana seperti itu, sambungnya, mereka bisa berkarya secara optimal dengan perangkat komputer dan akses internet yang sudah disiapkan. Ruang bagi para entrepreneur milenial ini disebutnya telah banyak mencetak usaha baru berbasis digital.

“Sekarang hasilnya alhamdulillah luar biasa. Terus terang di luar bayangan saya, mereka sekarang sudah bisa bergerak, bahkan bisa mengelola uang sampai Rp 1 triliun,” ungkap Risma.

Sejak diresmikan November 2017 lalu, CAK eMus memang dibuat untuk memiliki area co-working yang nyaman, bebas biaya, secara lokasi strategis, serta memungkinkan wirausaha muda mendapatkan partner kerja yang kompeten.

Risma meneruskan, lahirnya inovasi itu didasarkan pada maraknya pencari kerja dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi informasi di Kota Surabaya. Dia berharap, CAK eMus bisa menciptakan lapangan kerja baru, terutama yang berhubungan dengan era revolusi industri 4.0.

“Harapan saya mungkin ini bisa untuk anak-anak Surabaya yang lain untuk bisa jadi wiraswasta baru,” tutup Risma. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*