Erupsi Gunung Kerinci Tak Ganggu Jalur Penerbangan

Gunung Kerinci erupsi | Foto: PVMBG-CVGHM @vulkanologi_mbg
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Gunung Kerinci di Jambi mengalami erupsi pada Rabu (31/7), jalur pendakian disterilkan hingga radius 3 kilometer. Sementara itu Kementerian Perhubungan pastikan jalur penerbangan dari dan ke Jambi masih beroperasi normal.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti memastikan saat ini erupsi yang terjadi tidak berdampak pada aktivitas penerbangan. Polana juga mengimbau kepada semua stakeholder terkait untuk terus melakukan koordinasi dan memantau aktivitas erupsi Gunung Kerinci.

“Demi keselamatan penerbangan, kami akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk memantau kondisi terbaru dari aktivitas Gunung Kerinci, sehingga kendala yang ditemukan dapat diselesaikan sedini mungkin tanpa mengurangi tingkat keselamatan yang berlaku,” ujar Polana dalam rilisnya, Rabu (31/7).

Dia menjelaskan, pihak AirNav Indonesia melalui ASHTAM NO : VAWR 1901 tanggal 31 Juli 2019 pukul 06.00 UTC perihal erupsi Gunung Kerinci melaporkan status Gunung Kerinci masih berada pada status aman/Orange Alert dan tidak ada pengalihan rute penerbangan serta pengalihan rute alternatif. Namun level jelajah masih tinggi.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang Agoes Soebagio mengatakan jalur penerbangan domestik di wilayah Jambi dan sekitarnya masih pada level aman.

Baca juga: Gunung Teraktif dan Terbesar di Eropa Meletus

“Koordinasi telah dilakukan dengan bandar udara setempat. Untuk jalur penerbangan domestik Jakarta-Padang dan wilayah Jambi masih berada pada aktivitas normal, sedangkan penerbangan internasional terbang pada ketinggian yang tinggi sehingga tidak berdampak, dan apabila di kemudian hari terdapat peningkatan aktivitas Gunung Kerinci, maka jalur penerbangan akan segera dialihkan,” katanya.

Untuk diketahui, abu vulkanik bergerak menuju timur laut dari puncak Gunung Kerinci. Untuk update aktivitas penerbangan terbaru akan diperbarui berkala oleh AirNav Indonesia pada 6 jam, 12 jam, dan 18 jam setelah dikeluarkannya Ashtam pertama.

Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Kerinci bererupsi pada pukul 12.48 WIB. Tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

Saat ini, Gunung Kerinci berada pada status Level II (Waspada). Ada beberapa rekomendasi untuk masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif.

Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*