fbpx Press "Enter" to skip to content

Dilelang Tahun Depan, Begini Rencana Integrasi Tol Jogja

Rabu, 14 Agustus 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pengerjaan jalan tol Jogja-Solo dan Jogja – Bawen akan dilelang tahun depan. Ke dua ruas ini akan terintegrasi dengan Yogyakarta International Airport (YIA) dan kawasan wisata Candi Borobudur.

Ia mengatakan, untuk DIY, ia masih menunggu persetujuan lelang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Saat ini lelang baru dilakukan di Jawa Tengah, setelah ada persetujuan dari Kementerian PUPR, termasuk detail engineering desainnya.

Jika menteri sudah tanda tangan mengenai trase dan lelang, maka izin penetapan lokasi bisa dilaksanakan maka izin penetapan lokasi (IPL) segera dapat dilakukan.

“Baru bisa dilelang tahun depan, karena itu harus cepat selesai bersamaan dengan YIA. Soal izin lokasi masih menunggu tandatangan dari Kementerian PUPR,” katanya, belum lama ini.

Ia menjelaskan, jalan tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen yang tersambung membuat wisatawan bisa langsung ke Borobudur. Jalan tol Yogya-Solo nantinya akan melewati Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga: Jogja – Victoria Australia Resmi Jadi Sister Province

Setelah itu melewati Jalan Raya Tajem, Sleman dan terus menuju Jogja Outer Ring Road (JORR). jalur menuju ke ringroad barat dari kawasan Maguwoharjo akan berupa elevated atau melayang. Sehingga jalan tol ini elevated di atas ringroad. Kemudian akan memasuki Muntilan, Jawa Tengah atau kawasan Borobudur.

“Nanti sebelum Kavaleri, Demak Ijo memotong dan lanjut melayang di atas selokan Mataram baru kemudian masuk ke Muntilan, dari jalur Muntilan ini, baru melewati jalan darat dan lewat pembebasan tanah ke Borobudur,” paparnya, seperti dikutip dari Republika.

Ia pun berharap dari Sentolo, Kulonprogo, juga ada jalan tembus menuju Muntilan. “Saya juga berharap, nanti dari Temon menuju Suroloyo jadi satu dengan jalur Sentolo ke utara untuk tembus ke Muntilan. Jadi ke Bandara Kulonprogo bisa lewat jalur Temon,” tuturnya.

Khusus ke YIA, jalan tol tidak langsung menuju ke bandara. Namun, akan disiapkan akses dari bandara untuk masuk ke jalan tol.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi sebelumnya  mengatakan, Gubernur DIY sudah sepenuhnya menyepakati soal pembangunan tol tersebut. Rencana pembangunan telah selesai dibahas bersama Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan sudah ada kesepakatan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo. Ia pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DIY dan didapatkan respons positif dari pemda setempat.

“Yang jelas Yogya-Solo saya sudah telepon Sekda sudah oke. Jadi mudah-mudahan Juli ini Solo-Yogya dua ruas yakni Solo-Prambanan dan Prambanan-Yogya sudah ada kesepakatan,” kata Basuki beberapa waktu lalu. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id