UPGRIS Diminta Berinovasi Lahirkan Start Up Baru Bidang Pendidikan

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap mahasiswa atau lulusan universitas keguruan seperti UPGRIS diharapkan dapat menciptakan start up di bidang pendidikan. Inovasi dalam bentuk aplikasi  dapat mempermudah anak didik dalam memahami pelajaran atau proses belajar-mengajar

Harapan itu disampaikannya dalam orasi ilmiahnya pada Dies Natalies ke-38 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Jl. Sidodadi Timur, Semarang Timur, Selasa (23/7).

Dia yakin, banyak talenta-talenta berbakat dari mahasiswa UPGRIS yang mampu membuat terobosan inovasi atau start up dalam bidang pendidikan. Sebab, selama ini start up dunia pendidikan masih minim, baru ada ‘Ruang Guru’.

“Tadi saya lihat tari gambyongnya bagus sekali, apakah tidak mungkin nanti adik-adik mahasiswa ini membuat sebuah video tutorial menari gambyong, lalu di unggah di youtube, itukan salah satu inovasi teknologi juga” kata Sri Mulyani di depan ratusan akademisi yang memadati gedung Balairung UPGRIS Semarang.

Baca juga: Koperasi Didorong Berevolusi Gunakan Teknologi Digital

Dikutip dari Gatra, dalam orasi ilmiahnya yang bertema membantu sumber daya manusia kompetitif dalam menghadapi era society 5.0,

Menteri asal Kota Semarang itu menambahkan dalam waktu dekat dunia akan menghadapi era society 5.0. “Bagaimana peluang dan tantangan era tersebut. Serta bagaimana Indonesia bisa menangkap peluang tersebut untuk menjadi negara maju,” tuturnya.

Ia menyampaikan era society merupakan lanjutan revolusi industry 4.0. Coraknya adalah kehadiran internet, teknologi informasi dann artificial intelligence yang berkembang pesat. Untuk itu pemerintah meluncurkan program Making Indonesia 4.0.

“Program itu berisi 10 pilar strategi dan 5 sektor unggulan. Beberapa pilar yaitu harmonisasi aturan dan kenijakan, membangun infrastruktur digital dan peningkatan Sumber Daya Manusia,” katanya. Adapun lima sektor unggulan yang diprediksi mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi yaitu makanan-minuman, otomotif, kimia, elektronik, dan tekstil.

Sri Mulyani bercerita bahwa Jepang meluncurkan society 5.0 pada saat jadi tuan rumah G-20. “Intinya berpusat pada manusia didukung sistem mengintegrasikan antara dunia maya dengan dunia nyata. Ini axalah eksperimentasi di mana batas antara dunia nyata dan dunia maya akan menjadi semakin kabur,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*