fbpx Press "Enter" to skip to content

PPIH Embarkasi Surabaya Tak Akan Kembalikan Barang Yang Disita Dari Jemaah Calon Haji

Selasa, 16 Juli 2019
Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyatakan menindak tegas jemaah calon haji yang kedapatan membawa barang bawaan yang dilarang. Jika tahun lalu barang yang disita dikembalikan saat pulang, kali ini tidak dikembalikan.

Barang yang disita, umumnya makanan berbentuk cairan, makanan yang berbau menyengat dan rokok dalam jumlah banyak.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Jamal mengatakan pihaknya telah menyita puluhan slop rokok yang disimpan di lipatan pakaian ihram di dalam koper milik beberapa jamaah calon haji.

“Ada puluhan slop rokok yang ditemukan di lipatan pakaian ihram, lipatan baju dan di dalam tas plastik berisi beras,” ujarnya, seperti dikutip dari Kabar24.com, Senin (15/7).

Mayoritas barang temuan tersebut dibawa oleh jamaah calon haji yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) 28 asal Surabaya.

PPIH, kata dia, selama ini telah mensosialisasikan barang apa saja yang boleh dibawa oleh jamaah calon haji dan berapa jumlahnya, namun karena sangat banyak dan beragam maka tidak mudah menanganinya.

Baca juga: Musim Haji, Pertamina Tambah Pasokan Avtur Hingga 400%

“Sosialisasi terus kami lakukan, bahkan jauh hari sebelum musim haji berlangsung. Saya rasa memang tidak mudah dalam menangani ribuan jamaah yang persepsi dan pola pikirnya juga berbeda,” ucapnya.

Menyikapi kondisi tersebut, PPIH Embarkasi Surabaya pada tahun ini bersikap tegas agar temuan serupa tidak terjadi pada tahun-tahun berikutnya sehingga menimbulkan efek jera.

“Jika tahun sebelumnya barang sitaan dikembalikan, tapi tahun ini barang yang disita tidak akan dikembalikan,” katanya.

Barang sitaan, lanjut dia, nantinya tidak dimusnahkan, tapi dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

“Kalau dimusnahkan, itu kok rasanya mubazir. Wacana kami, barang sitaan ini akan kami gunakan yang lebih bermanfaat, seperti untuk anak yatim, kaum dhuafa dan lain-lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, pada hari ini terdapat tiga kloter yang masuk asrama haji, yaitu kloter 25, 26, 27 dan 28, kemudian diberangkatkan Tanah Suci melalui Bandara Juanda pukul 22.30 WIB. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id