PDIP Semarang Sepakat Usulkan Hendi Hingga 2024

Kolase, Hendrar Prihadi dan PDI Perjuangan | Foto: metrojateng/tagar.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – PDI Perjuangan Kota Semarang memutuskan secara aklamasi untuk kembali mengusung Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai ketua hingga tahun 2024. Hal tersebut dinyatakan dalam Rapat Kerja Cabang Diperluas PDIP Kota Semarang, di Panti Marhaen Kota Semarang.

Sekretaris PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengungkapkan, keputusan yang diambil tersebut sebagai representasi sikap tegak lurus partainya.

“Jadi untuk PDIP di Kota Semarang kami mengusung Mas Hendi (sapaan akrab Hendrar Prihadi), kemudian di Jawa Tengah kami mengusung mas Bambang Patjul, dan untuk DPP pada kongres V besok di Bali kami tegak lurus mendukung penetapan kembali Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDI Perjuangan,” jelasnya dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Senada dengan Kadarlusman, ketua pengurus anak cabang PDI Perjuangan Semarang Barat, Joko Susilo juga menyatakan tegak lurus pada kepemimpinan di tingkat pusat hingga kota saat ini. “Saya mengamini seluruh keputusan yang diambil,” tutur Joko singkat.

Sejarah mencatat pasca era reformasi Indonesia 1998, PDI Perjuangan di Kota Semarang pernah berada pada di titik puncak dalam meraih kepercayaan publik dalam Pemilu tahun 1999. Kala itu PDI Perjuangan tampil mendominasi dengan mendudukkan 20 orang perwakilan di kursi anggota DPRD Kota Semarang.

Baca juga: Soal Pencalonan Ketua DPC PDIP Solo, Rudi: Aku Emoh, Wis Kesel

Namun sayangnya PDI Perjuangan tak mampu secara konsisten mempertahankan raihan kursi tersebut dalam setiap pemilu di Kota Semarang. Pada Pemilu tahun 2004 jumlah kursi Fraksi PDI Perjuangan Kota Semarang merosot menjadi 12 kursi, dan kembali merosot di Pemilu 2009 dengan hanya mampu meraih 9 kursi.

Regenerasi di tubuh kepengurusan PDI Perjuangan Kota Semarang pun didorong. Hendrar Prihadi, kader muda PDI Perjuangan yang kala itu menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah didapuk untuk menakhodai PDI Perjuangan Kota Semarang mulai tahun 2010.

Berbekal visi dan semangat muda, pria yang akrab disapa Hendi itu pun berhasil membawa PDI Perjuangan Kota Semarang kembali pada tren positif. Kemudian pada pemilu tahun 2014, PDI Perjuangan kembali berhasil mengambil suara mayoritas masyarakat di Kota Semarang, dengan raihan 15 kursi.

Hendi juga berhasil membawa PDI Perjuangan Kota Semarang ke masa jayanya melalui dominasi 19 dari 50 kursi di DPRD Kota Semarang pada pemilu 2019. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*