Gunung Tangkuban Parahu Meletus, Warga dan Wisatawan Dievakuasi

Letusan Freatik G. Tangkuban Parahu | Foto: twitter PVMBG-CVGHM @vulkanologi_mbg
Mari berbagi

JoSS, LEMBANG – Gunung Tangkuban Parahu di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7) pukul 15.48 WIB. Warga dan wisatawan yang tengah berkunjung dievakuasi ke tempat yang aman.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan aktifitas ini ditandai dengan luncuran material pasir, dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, kolom abu yang teramati di gunung ini berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi lebih kurang 5 menit 30 detik. Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status Level I (Normal),” ujar Kasbani dalam keterangan tertulsinya.

Saat ini, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas. Pengunjung juga tidak boleh menginap di dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas,” kata Kasbani.

Baca juga: Kawasan Gunung Panderman Kembali Terbakar dan Makin Meluas

Petugas pemantau dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Ilham Mardikaryanta mengatakan hingga pukul 16.15 WIB, proses erupsi masih berlangsung.

“Sekarang masih melakukan evakuasi untuk pengunjung dan masyarakat yang berada di atas,” ujar Ilham Mardikaryanta saat dihubungi, Jumat (26/7)

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu kembali meningkat terpantau pada Senin (22/7) Berdasarkan pengamatan PVBMG visual gunung api tampak jelas.

Asap kawah utama bertekanan lemah hingga sedang dan teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Dari hasil rekaman seismograf PVMBG 21 Juli 2019 terpantau terjadi 425 kali gempa Hembusan.

Sementara itu terjadi 2 kali gempa Tremor Harmonik, 3 kali gempa Low Frequency, 3 kali gempa Vulkanik Dalam dan 3 kali gempa Tektonik Jauh.

Pengunjung tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu. Cuaca mendung dan hujan juga harus diwaspadai dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas,” demikian pernyataan lanjutan PVMBG. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*