fbpx

Gempa Magnitudo 7,1 Ternate, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, TERNATE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah terjadi guncangan gempa M 7,1 di Barat Daya Ternate. Peringatan dini tsunami ini diterbitkan untuk wilayah Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

“#Peringatan Dini Tsunami di SULUT,MALUT, Gempa Magnitudo 7,1,” tulis BMKG, dalam akun Twitter resminya, Minggu (7/7).

Gempa M 7,1 diinformasikan terjadi pada pukul 22.08 WIB. Titik koordinat gempa berada di 0,51 Lintang Utara dan 126,18 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer. Belum ada informasi terkait kerusakan akibat gempa.

Gempa berkekuatan M 7,1 mengguncang barat daya Ternate, Maluku Utara. Guncangannya terasa hingga Gorontalo.

Badan Meteriologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut berada 0.51 derajat lintang utara dan 126,18 derajat bujur timur dengan di kedalaman 10 kilometer. Gempa yang terletak 135 km barat daya Kota Ternate itu berpotensi tsunami.

Salah seorang warga Kota Gorontalo Rony mengaku cukup merasakan gempa namun tidak berlangsung lama. “Saya sedang berbaring dan merasakan adanya gempa ini,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Baca juga: BMKG Peringatkan Ancaman Ombak Setinggi 5 Meter di Pantai Selatan

Akun twitter resmi Direktorat PRB BNPB, mengingformasikan ada delapan wilayah yang berpotensi terkena gelombang tsunami. Untuk dikawan Sulawesi Utara yakni wilayah Minahas Utara bagian selatan, Minahasa Selatan bagian Selatan, Bolaang Mongondow bagian selatan, kemudian Kota Bitung. Seluruhnya berstatus waspada.

Selanjutnya silaya Maluku Utara yang berpotensi gelombang tsunami yakni Halmahera, Kota Ternate, dan Kota Tidore. Seluruh wilayah tersebut dituliskan berstatus waspada.

Gempa dengan Magnitudo 7,1 ikut dirasakan warga di Manado, Sulawesi Utara. Warga sempat panik dan berhamburan ke luar rumah. “Awalnya dikira cuma goyang sedikit, tambah lama tambah gerak, orang-orang berlarian keluar,” kata salah seorang warga Manado, Rahman, saat dihubungi, Minggu (7/7).

Rahman mengatakan gempa dirasakan sampai 10 detik lebih. Di sekitar tempat tinggalnya belum terlihat kerusakan akibat gempa. “Alhamdulillah tidak ada yang rusak. Kebetulan tadi pas angin kencang juga,” ucapnya.

Sebelumnya gempa 7,1 M dan 7 Mengguncang barat daya Ternate. Kedua gempa itu terjadi dengan selang waktu 3 detik. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 36 Km dan 10 Km. BMKG mengeluarkan peringatan dini akibat gempa itu. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *