fbpx Press "Enter" to skip to content

Dubes Inggris Untuk AS Mundur, Trump Sebut Bodoh

Kamis, 11 Juli 2019
Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Duta besar Inggris untuk Amerika Serikat Kim Darroch mengundurkan diri hanya beberapa hari setelah sebuah kawat diplomatik yang mengkritik Presiden Donald Trump dibocorkan.

Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan hal tersebut dalam pernyataan resminya. Kim Darroch mengatakan dalam suratnya, Rabu (10/7) bahwa meskipun penugasannya akan berakhir tahun ini, dia percaya “dalam keadaan saat ini, jalan yang bertanggung jawab adalah memungkinkan penunjukan duta besar baru.”

Darroch mengatakan dia “berterima kasih kepada semua orang di Inggris dan di Amerika, yang telah menawarkan dukungan mereka selama beberapa hari yang sulit ini.”

Perdana Menteri Theresa May mengatakan patut disesalkan bahwa Duta Besar Darroch mengundurkan diri.

Pandangan Darroch yang terus terang dan tanpa tedeng aling-aling tentang pemerintah Amerika itu merupakan penilaian rahasia untuk khalayak terbatas, tapi muncul dalam dokumen-dokumen diplomatik yang dibocorkan yang diterbitkan di surat kabar Inggris, “Mail on Sunday.”

Sebelumnya, Presiden Amerika Donald Trump, Selasa (8/7) menyebut Duta Besar Inggris Kim Darroch sebagai “orang yang sangat bodoh,” suatu ejekan baru yang dimaksudkan untuk menimpali penilaian duta besar itu bahwa Trump “tidak kompeten.”

Baca juga: Dianggap Ancaman, Trump Larang Penggunaan Peralatan Telekomunikasi China

“Duta Besar Aneh yang disisipkan Inggris ke Amerika Serikat bukanlah seseorang yang kita senangi,” tulis Trump di Twitter.

Pemimpin Amerika itu mengatakan Darroch, Duta besar Inggris di Washington sejak 2016, harus berbicara kepada negaranya, dan Perdana Menteri May, mengenai perundingan Brexit yang gagal, dan tidak marah oleh kritik saya mengenai betapa buruknya perundingan itu ditangani. Saya katakan kepada @theresa_may tentang cara mencapai kesepakatan itu, tetapi ia melakukan dengan caranya sendiri yang bodoh, tidak dapat menyelesaikan kesepakatan itu. Bencana!”

Trump menambahkan, “Saya tidak kenal Duta Besar tetapi diberitahu ia adalah orang yang sombong. Katakan kepadanya Amerika sekarang memiliki ekonomi dan militer terbaik di dunia, sejauh ini.”

Trump pada hari Senin (8/7) juga mengatakan ia tidak akan lagi “berurusan” dengan Darroch, seraya mengklaim bahwa Darroh tidak disukai atau dihormati di dalam Amerika.

Sore harinya, seorang pejabat Gedung Putih mengukuhkan laporan bahwa Darroch tidak diundang ke acara jamuan makan malam yang diselenggarakan Menteri Keuangan Amerika Steven Mnuchin bersama dengan Trump dan Emir Qatar. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id