fbpx Press "Enter" to skip to content

Dana Desa Disiapkan Rp400 Triliun, Bagaimana Penyerapannya?

Selasa, 16 Juli 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Anggaran untuk program dana desa dalam lima tahun ke depan telah disiapkan sebesar Rp400 triliun. Jumlah tersebut naik signifikan dari periode 2014-2019 yaitu Rp257 triliun, dalam kurun waktu tersebut tingkat penyerapannya juga terus naik hingga mencapai 98%.

Presiden Terpilih Joko Widodo menyatakan dana itu akan digelontorkan untuk menjalankan program dana desa selama lima tahun ke depan. Khusus untuk tahun depan, anggaran dana desa akan meningkat menjadi Rp75 triliun dari Rp70 triliun pada tahun ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan penambahan alokasi anggaran program dana desa agar pemerataan ekonomi bisa tercapai, termasuk di pelosok-pelosok desa.

Untuk itu, lanjutnya pemerintah menggelontorkan dana desa agar pemberdayaan bisa diwujudkan, contohnya pembangunan infrastruktur oleh rakyat desa itu sendiri.

“Karena sesuai target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), kami harus mengentaskan ribuan desa tertinggal dan dana desa bisa membuktikan itu,” katanya, usai rapat terbatas mengenai pagu indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Rapat tersebut dilangsungkan di Istana Kepresidenan pada Senin (15/7).

Baca juga: Dusun Pulesari Sleman Bakal Jadi Desa Wisata Halal, Ini Yang Ditawarkan

Selain itu, ia mengatakan dana desa diperlukan untuk mengejar target pembentukan 6 ribu desa mandiri pada tahun ini. Sementara, pada awal tahun ini, setidaknya sudah tercipta sekitar 2.700 desa mandiri.

Ia mengatakan penciptaan desa mandiri itu sebagian besar ada di Pulau Jawa. Setelah itu, diikuti oleh desa-desa di Pulau Kalimantan dan Indonesia bagian timur. “Maka, masih ada target sekitar 2.000 desa lagi,” katanya.

Dari pengamatan JoSS.co.id, dari tahun ke tahun, jumlah anggaran dan penyerapan Dana Desa mengalami peningkatan. Ketika pertama kali diluncurkan pada 2015, anggaran Dana Desa mencapai 20,76 triliun rupiah dan serapannya mencapai 82%. Di 2016, pemerintah menganggarkan 46,98 triliun rupiah Dana Desa dengan penyerapan sebesar 97,65%.

Anggaran Dana Desa juga meningkat pada 2017 menjadi 60 triliun rupiah dengan serapan mencapai 98,54%. Pada 2018, jumlah Dana Desa telah mencapai 62 triliun rupiah dengan total serapan 99%.

Tahun ini, anggaran Dana Desa mencapai 70 triliun rupiah atau naik 16,67 persen dari tahun lalu. Jika ditotal, tidak kurang dari 258 triliun rupiah telah disalurkan pemerintah untuk 74.957 desa di seluruh wilayah Indonesia. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id