fbpx

Cuaca Panas Ekstrem, Ini Yang Harus Dilakukan Agar Tetap Fit

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Cuaca panas di musim kemarau menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan. Tubuh butuh waktu untuk beradaptasi dengan udara kering di musim kemarau. Jika daya tahan tubuh lemah, Anda bakal mudah terserang penyakit.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau ekstrem diperkirakan terjadi pada Juli hingga Agustus 2019. Dikarenakan cuaca yang panas, tentu ini akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh. Hal tersebut menjadi pintu masuk bagi virus pembawa penyakit.

Sejumlah penyakit yang biasanya terjadi di musim kemarau, yakni kulit kering dan terbakar. Hal ini merupakan bentuk reaksi kulit terhadap perubahan cuaca. Oleskan  losion pelembap untuk mengatasinya.

Selain itu, batuk juga menjadi ancaman serius bagi kesehatan anda pada musim kemarau. Perubahan kondisi cuaca juga menyebabkan batuk dan pilek. Debu yang beterbangan menjadi salah satu penyebab batuk dan masalah di saluran pernapasan. Pastikan Anda memakai masker saat pergi keluar rumah untuk melindungi diri dari debu dan polusi.

Udara kering pada musim kemarau membuat mata rentan teriritasi. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya debu. Utamakan kebersihan tangan dengan meminimalkan kontak tangan ke mata.

Demi menjaga tubuh dari serangan virus, Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Melansir dari Web MD dan Health Line, berikut adalah beberapa langkah mudahnya.

1. Makan makanan yang bergizi

Jangan lupa, sebelum beraktivitas harus sarapan terlebih dulu dan memenuhi nutrisi dalam tubuh. Selain itu, atur jadwal pola makan yang benar menyesuaikan asupan makanan tepat pada waktunya.

2. Banyak minum air putih

Air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun, dan meningkatkan energi. Jadi, jangan lupa siapkan air mineral saat beraktivitas saat musim pancaroba.

Baca juga: Kendalikan Penyakit Jantung dengan Gaya Hidup Sehat

3. Olahraga teratur

Meskipun cuaca sedang tidak bersahabat, luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga. Anda harus menggerakan seluruh tubuh agar tidak kaku dan supaya tubuh menjadi segar. Hidup sehat bukan hanya berasal dari makanan, tapi juga harus diimbangi dengan berolahraga.

4. Cukup istirahat

Buat yang sering begadang, hindarilah kebiasaan ini. Lebih baik tidur dengan tepat waktu dan beristirahat yang cukup agar keesokan pagi badan menjadi sehat dan segar kembali. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stres, hati, pikiran, dan masalah sejenak.

5. Minum vitamin

Terkadang makanan tidak mencukupi nutrisi dalam tubuh. Minum vitamin dianjurkan untuk menyeimbangkan porsi nutrisi tersebut. Tapi yang utama adalah memakan buah-buahan dan sayuran segar untuk memenuhinya.

6. Menjaga kebersihan

Pola hidup yang sehat diimbangi dengan menjaga kebersihan sangat dibutuhkan, seperti makan dan minum yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan. (lna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *