Kendalikan Penyakit Jantung dengan Gaya Hidup Sehat

gaya hidup
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang angka kejadiannya cukup tinggi di Indonesia. Penyakit jantung juga membutuhkan biaya pengobatan yang sangat tinggi. Itulah sebabnya pengendalian penyakit jantung harus dilakukan sejak dini dengan melakukan gaya hidup sehat.

Apalagi orang Indonesia memiliki faktor risiko terkena penyakit jantung yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Ambil contoh, faktor risiko merokok, pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik terus meningkat.

Ada pun penyakit jantung, terdiri dari penyakit jantung bawaan  dan penyakit jantung yang didapat.

“Penyakit jantung yang didapat seperti penyakit jantung koroner adalah masalah pembuluh darah yang terkait dengan masalah penyempitan, penyumbatan, dan kerusakan pembuluh darah,” kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ario Soeryo Kuncoro, seperti yang dilansir dari Bisnis.com, Selasa (16/4).

Baca juga: Dampak Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Tubuh

“Orang Indonesia suka makan yang gurih, manis, dan berlemak, ini salah satu faktor risiko yang meningkatkan faktor risiko penyakit jantung seperti hipertensi dan diabetes militus,” tambahnya.

Untuk mengatasi dan mencegah penyakit jantung, Ario menganjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan serius. Khususnya untuk menurunkan faktor risiko seperti mengubah pola makan dengan diet gizi seimbang, menghindari rokok, dan melakukan aktivitas fisik.

Menurut data dari WHO, penyakit jantung merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahunnya. Saat ini penyakit jantung memang masih menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan bagi masyarakat. Penyakit ini juga sering dikaitkan dengan masalah kematian mendadak.

Namun, tidak perlu khawatir. Nyatanya, penyakit jantung dapat dicegah dan hindari. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebaiknya jangan menunda untuk melakukan gaya hidup sehat, agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*