Undip Tak Syaratkan Minimal Nilai UTBK Pada SBMPTN

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tidak menentukan standar minimal nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digunakan sebagai syarat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di tahun 2019 ini.

Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2019 Eddy Rianto mengatakan semua calon mahasiswa yang sudah mengikuti UTBK dan mengantongi nilainya boleh mendaftar SBMPTN.

Menurut dia, nilai UTBK para calon mahasiswa tersebut nantinya akan bersaing dengan calon yang memilih program studi atau fakultas yang sama. Menurut dia, UTBK digelar oleh Lembega Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). “Nilai UTBK juga dikeluarkan oleh lembaga tersebut,” katanya, seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/6).

Oleh karena itu, kata dia, para calon mahasiswa harus bisa memperkirakan fakultas maupun perguruan tinggi yang dipilih. Selain itu, lanjut dia, daya tampung serta tingkat persaingan program studi yang diinginkan juga harus menjadi pertimbangan.

Baca juga: Perguruan Tinggi Diminta Fasilitasi Mahasiswanya Dalam Berwirausaha

Saat ini, tahapan penerimaan mahasiswa baru Undip sudah memasuki tahap verifikasi dokumen mahasiswa yang mengikuti seleksi SNMPTN.

Kepala Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno mengatakan Undip menyediakan 9.926 kursi mahasiswa baru pada tahun ini melalui SBMPTN, SMNPTN, serta seleksi mandiri. Adapun kuota untuk SBMPTN sebanyak 4.850 orang, sementara SMNPTN sebanyak 2.146 orang.

Kuota untuk mahasiswa baru tahun ini naik sekitar 3,8% dibanding tahun lalu, sekitar 9.559 orang.

Dari total kuota yang disediakan, sekitar 21% atau 2.146 kuota sudah terisi calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN, tahun ini Undip juga membuka pendaftaran melalui seleksi Ujian Mandiri (UM), dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Dia mengatakan tahun ini ada hal berbeda dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di jalur SBMPTN. Kali ini, calon mahasiswa baru wajib mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebelum mengikuti SBMPTN.

“Mereka yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN otomatis tidak bisa mendaftar SBMPTN. Dan yang tidak mengikuti UTBK, juga tidak bisa mendaftar SBMPTN. Nilai UTBK digunakan untuk seleksi mengikuti SBMPTN,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*