Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

68.079

70.736

3%

Kasus Baru

1.853

2.657

43%

Update: 9 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Soal Pencalonan Ketua DPC PDIP Solo, Rudi: Aku Emoh, Wis Kesel

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta di Kantor DPC, Brengosan, Selasa (25/6/2019) | Foto: twitter DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta @pdipsurakarta
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Sudah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Solo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selama 20 tahun F.X. Hadi Rudyatmo tak mau lagi dicalonkan. Pasalnya dia sudah lelah memimpin partai berlambang moncong putih itu selama empat periode (2000-2020).

“Aku emoh [tidak mau]. Aku wis ora arep nyalon [saya sudah tidak mau mencalonkan]. Sudah 20 tahun jadi Ketua DPC. Saya enggak pernah mencalonkan, tapi dicalonkan oleh teman-teman. Hidup saya total 43 tahun untuk partai, dari tingkat bawah. Wis kesel. Biar yang [kader] lain saja. Jadi pembantunya Ketua DPC ya boleh. Saya tak genti leren (gantian beristirahat),” kata dia, kepada wartawan, Selasa (25/6).

Seperti dikutip dari Solopos.com, Rudy mendukung siapapun kader PDIP untuk menjadi Ketua DPC di kandang banteng itu. Namun, calon tersebut harus memiliki loyalitas terhadap pimpinan partai dan partai. Selain itu, juga wajib merintis karir di jenjang struktural kepartaian.

“Syarat itu ada di dalam juklak-juknis [petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis]. Karir di struktural kepartaian itu penting,” ucapnya.

Baca juga: 35 DPC PDIP di Jateng Sepakat Usulkan Bambang Pacul

Teknis pemilihan, sambung Rudy, setiap Pengurus Anak Cabang (PAC) mencalonkan usulan nama-nama Ketua DPC pada rapat kerja cabang (rakercab) yang digelar Selasa malam. Hasil usulan dari PAC itu kemudian diserahkan pada Ketua DPC dan jajarannya periode saat ini.

“Ketua DPC dan jajarannya yang menentukan nama-nama calon ketua yang dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat [DPP]. DPP kemudian memberikan rekomendasi calon ketua pada konferensi cabang [konfercab],” jelas Wali Kota Solo itu.

Pada rakercab tersebut juga muncul nama-nama yang akan dicalonkan menjadi ketua PAC. Baik calon ketua PAC maupun calon ketua DPC akan dibahas pada Kongres V PDIP di Bali pada 8 Agustus mendatang.

Pada periode 2015-2020, Rudy kembali terpilih menjadi Ketua DPC PDIP Kota Solo. Sementara PAC Laweyan dipimpin oleh Yugo Agung dan PAC Pasar Kliwon diketuai Ekya Sih Hananto. Ketua PAC Jebres, Honda Hendarto, Ketua PAC Banjarsari, Djoko Santosa, dan Ketua PAC Serengan, Ronny Kamtoro. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*