Siap-Siap Hari Ini Ujicoba Traffic Light Jembatan Besi Sampangan

Pengaturan lalulintas perempatan jembatan Kretek Wesi, Gunungpati, Kota Semarang | Foto: twitter dishubsemarang
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berencana mengujicoba lampu pengatur lalu lintas (traffic light) portabel di Jalan Dewi Sartika, tepatnya di persimpangan atau perempatan depan Masjid Nurul Ilmi dan dekat Jembatan Kretek Wesi, Gunungpati, Kota Semarang, Kamis (13/6).

Kepala Dishub Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, proses pemasangan instalasi dan lampu portable telah dilakukan di empat titik lampu lalu lintas untuk masing-masing ujung jalan di persimpangan tersebut, yaitu di Jalan Dewi Sartika Barat dan Timur, serta Jalan Dewi Sartika dari arah Gunungpati dan Sampangan, Rabu (11/6).

“Hari ini masih proses instalasi. Dalam proses instalasi kan ada soal kelistrikan, pengaturan timer, penempatan titik, pembuatan stop line dan lain-lain. Mudah-mudahan bisa diujicoba besok,” katanya seperti dikutip dari TribunJateng, Rabu (11/6).

Dia menambahkan pemasangan rambu lalu lintas ini merupakan salah satu rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini kerap terjadi di jalur tersebut.

Martanto mengatakan, volume lalu lintas di Jalan Dewi Sartika sudah overload atau sudah melebihi batas. Dia merinci, volume arus lalu lintas pada saat pagi hari mencapai 3.891 kendaraan per jam.

Sedangkan pada sore hari, volume kendaraan meningkat mencapai 4.058 kendaraan per jam. Padahal, kapasitas jalan tersebut idealnya 2.800 kendaraan per jam. Jika dirasio saat ini kapasitas kendaraan sekitar 1,5 sementara idealnya pada angka 0,75.

Baca juga: Pakai Teknologi Canggih Dari Spanyol, Uji KIR di Semarang Tak Bisa Direkayasa

“Belum lagi jika ada acara wisuda di universitas yang melintasi jalur ini seperti Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Akademi Pelayaran, dan sebagainya. Oleh karena itu, ini sebagai alternatif yang Dishub ambil sebagai bentuk rekayasa lalu lintas yang mungkin perlu dilakukan,” jelasnya.

Dikatakan Endro, Dishub telah melakukan berbagai upaya rekayasa lalu lintas seperti pemasangan traffic cone. Namun, upaya tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kemacetan yang hampir setiap hari terjadi pada jam sibuk. Pemasangan lampu lalu lintas ini, diharapkan bisa menjadi upaya mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

“Kami mohon dukungan pengguna jalan terutama yang sering melintas Jalan Dewi Sartika apabila lampu lalu lintas ini diberlakukan ayo bareng-bareng dipatuhi untuk kebaikan bersama,” ajaknya.

Dalam pekan ini, traffic light tersebut akan beroperasi. Selama sepekan kedepan, pihak Dishub akan standby untuk memantau dan mengevaluasi rekayasa lalu lintas itu. “Nanti kami lakukan evaluasi bersama terkait rekayasa ini,” ucapnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*