Pakai Teknologi Canggih Dari Spanyol, Uji KIR di Semarang Tak Bisa Direkayasa

Dishub Kota Semarang melakukan Uji KIR | Foto: metrojateng
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dishub Kota Semarang mendatangkan alat canggih dari Spanyol yang akan digunakan dalam uji kir terutama untuk mengecek lampu kendaraan secara otomatis dan tidak bisa direkayasa.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, lampu kendaraan sangat vital khususnya pada malam hari. Oleh karena itu, kondisinya harus memenuhi standar. Dengan alat ini, lampu kendaraan dapat dicek secara otomatis dan tidak bisa direkayasa.

“Kalau lampunya tidak memenuhi syarat alat akan langsung muncul warna merah, tapi kalau bagus muncul warna hijau, jadi hasilnya langsung bisa didapatkan,” paparnya seperti dirilis Tribunjateng.com.

Selain menggunakan teknologi headlight tester robotic, lanjut Khadik, peralatan yang digunakan dalam pengujian kir juga sudah dikalibrasi untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.

Dalam uji kir, Dishub juga mengecek item seperti penandaan baik lampu, emisi gas buang, wiper, tekanan gas buang dan lainnya menggunakan aplikasi yang hasilnya langsung tercatat dalam sistem server.

Baca juga: Asik, Aplikasi Trans Semarang Sudah Bisa Diunduh Melalui Play Store

Pelayanan inovasi lainnya yakni saat ini pendaftaran uji kir juga sudah bisa dilakukan secara online. Menurut Khadik, upaya-upaya tersebut dilakukan guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini rata-rata pelayanan uji kir untuk satu kendaraan sekitar 10 menit. Adapun dalam satu hari, Dishub dapat melayani rata-rata 300 hingga 400 kendaraan.

“Ramai biasanya kalau pada hari pertama setelah liburan dan pada hari Senin. Kami punya aplikasi yang membantu masyarakat bisa tahu berapa hari ini yang akan diuji, berapa yang sudah diuji, sehingga bisa memperkirakan antrean di sini,” jelasnya.

Rencana kedepan, Khadik membeberkan, akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) khusus menangani pengujian kelayakan kendaraan.

Hal ini agar pengujian kendaraan semakin mandiri dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti UPTD Trans Semarang. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*