Penerapan Satu Arah di Tol Cikampek Diperpanjang Hingga Gerbang Tol Kalikangkung Brebes

Sistem satu arah jalan tol mudik lebaran | Foto: elshinta
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama pihak kepolisian memutuskan untuk, memperpanjang penerapan sistem satu arah (one way) dari Kilometer 69 jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Kilometer 414 Gerbang Tol Kali Kangkung. Hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik jelang Lebaran.

Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengatakan atas diskresi kepolisian maka diterapkan one way terpanjang di Jalan Tol Trans Jawa.

Menurutnya sistem one way dimulai dari KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, hingga Km 414 Gerbang Tol Kali Kangkung sementara sebelumnya diterapkan sampai Kilometer 263 wilayah Brebes.

“One way terpanjang ini telah diterapkan pada Sabtu tadi, sejak pukul 11.30 WIB,” kata Irra, seperti yang dikutip dari Antara Sabtu (1/6).

Sebelum sistem one way dilaksanakan, ia melanjutkan, terpantau antrean kendaraan dari ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tembus hingga GT Cikampek Utama yang mayoritas disebabkan oleh antrean di titik-titik jelang rest area.

Baca juga: Mudik ke Solo atau Lewat Solo? Bisa Cek Daftar No Telepon Penting di Solo

Menurutnya pemberlakuan one way diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril. Sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

Sementara itu, ia melanjutkan, saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan masih terpantau padat di beberapa titik, terutama menjelang rest area.

Selain one way, di tol Trans Jawa juga akan diberlakukan juga contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, yakni di titik awal Kilometer 34+800 sampai Kilometer 70 yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 jalan Tol Cipali.

Atas penerapan sistem one way dan contra flow itu, pihak Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*