Pasar Legi Dirobohkan, Pedagang Direlokasi

Pasar Legi Solo | Foto: jawapos
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Dinas Perdagangan Kota Solo mulai membangun Pasar Legi yang pernah terbakar pada Oktober 2018 lalu. Pembangunan dimulai dengan merobohkan sisa-sisa bangunan. Sementara itu pedagang yang masih berjualan di sisi selatan dipindahkan.

Kasi Pembangunan dan Pemeliharaan Pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Joko Sartono mengatakan, pembongkaran ditargetkan rampung sebulan mendatang. Pihaknya akan menerapkan berbagai strategi agar pembongkaran berlangsung nonstop.

“Kami berharap pembongkaran berjalan lancar karena tidak berhenti pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur,” katanya, seperti dikutip dari Solopos.com Selasa (18/6).

Dia menambahkan salah satu tantangan di lapangan adalah pembongkaran bangunan dekat hanggar sebelah utara dan los darurat sisi barat dipindahlan ke lokasi lain. Pembongkaran bangunan di dekat hanggar dilakukan pada malam hari agar aktivitas jual beli tidak terlalu terganggu.

Baca juga: Pembangunan Pasar Klewer Tak Pasti, Warga Gugat Pemerintah

Kepala Kantor Pengelola Pasar Legi Solo, Marsono mengatakan, para pedagang sisi selatan sebelumnya berjualan di kios lantai dua yang tidak ikut terbakar.

Karena khawatir dagangan tidak laku, mereka memutuskan turun di gang-gang pasar sisi selatan. Mengingat pembongkaran bangunan pasar telah dimulai, seluruh pedagang diminta kembali ke kios mereka.

Sosialisasi pemindahan pedagang sudah dilakukan pekan lalu dan dilakukan secara bertahap, mengingat lahan untuk relokasi pedagang juga terbatas. Dua kios di lantai dua yang selama ini tetap digunakan berjualan, ikut dikosongkan karena berada di seputar akses keluar masuk kendaraan pengangkut material.

“Pemindahannya akan berlangsung bertahap, karena luasan pasar darurat juga terbatas. Pedagang yang berada di lantai dua juga bakal dipindahkan karena untuk akses kendaraan pengangkut material, ” kata Marsono.

Pembongkaran bangunan induk Pasar Legi dilakukan bertahap. Dalam tahap awal, pembongkaran menyasar bangunan di sisi timur. Pembongkaran bangunan berkaitan dengan rencana revitalisasi pasar induk terbesar di Kota Solo ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*