Para Pembuat Aplikasi dan Teknologi Batasi Anaknya Gunakan Gadget, Kenapa?

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Di antara generasi wiraswastawan Silicon Valley yang mendirikan sejumlah perusahaan teknologi terbesar dunia, sebagian dari mereka sekarang telah menjadi orangtua dan beberapa dari mereka secara terbuka membatasi akses anak-anak mereka terhadap alat-alat yang banyak kita pakai.

Pendiri Apple, almarhum Steve Jobs, pada 2011 mengakui bahwa ia dan istrinya, Laurene Powell, membatasi jumlah teknologi yang boleh digunakan anak-anak mereka di rumah.

Pendiri Microsoft, Bill Gates juga dikenal membatasi paparan terhadap layar berbagai alat dan melarang penggunaan telepon genggam pintar (smartphone) di meja. Bahkan, CEO Mark Zuckerberg menyuruh anaknya, August, supaya lebih banyak bermain di luar rumah.

Lantas, mengapa para ‘orangtua Silicon Valley’ ini berusaha memisahkan anak mereka dari layar berbagai alat teknologi?

Pierre Laurent adalah seorang eksekutif teknologi San Francisco Bay Area dan direktur Waldorf School of the Peninsula – sebuah sekolah swasta populer Silicon Valley yang melarang penggunaan teknologi sampai murid berumur belasan tahun.

Laurent mengatakan anak perlu terlibat dalam kehidupan sebenarnya untuk mempelajari keterampilan hidup. Dia juga mengirimkan ketiga anaknya ke sekolah itu mengatakan bahwa pekerjaan tiga perempat dari sesama orang tua murid di sekolah itu berkaitan dengan teknologi.

Sekolah mengatakan kepada mereka untuk memperhatikan pengaruh merusak teknologi pada proses belajar anak.

Baca juga: Jika Situasi Memanas, Menkominfo Bakal Batasi Lagi Penggunaan Sosmed

“Anda tidak bisa belajar dan sepotong kecil kaca ketika Anda masih anak-anak. Anda harus menggunakan semua indra, Anda perlu dapat memberikan makanan kepada otak dengan apapun yang Anda miliki,” kata Laurent, seperti dikutip dari BBC.

Waldorf pertama kali dikenal ketika laporan media mulai menyampaikan kontradiksi yang terlihat jelas di Silicon Valley.

Di sinilah – di jantung sektor teknologi dunia – dimana kami menemukan sekolah yang mementingkan apa yang dinamakan “pendidikan holistik (bagi) perasaan dan otak”.

Kurikulumnya dipusatkan para “keterampilan abad ke-21” seperti keyakinan diri, dispilin, kemandirian berpikir, kerja sama dan ekspresi seni.

“Kemampuan manusia ini tidak berkembang di depan layar. Anda harus benar-benar terlibat dalam membuat sesuatu dan melakukan berbagai hal itu sendiri,” kata Laurent. Banyak orang tua menggunakan teknologi agar anaknya tetap sibuk, sehingga mereka tetap dapat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengeluarkan panduan baru dalam mengurangi jumlah pemaparan kepada layar yang diusulkan bagi anak-anak.

Anak-anak sampai berumur dua tahun seharusnya tidak dibiarkan sendirian menonton TV atau layar lainnya, kata WHO. Batasan bagi anak berumur dua sampai empat tahun adalah satu jam atau kurang per harinya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*