COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

128.776

130.718

1%

Kasus Baru

1.693

1.942

15%

Update: 12 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Kena Serangan Jantung Saat Sidang, Mohammed Mursi Meninggal

Mantan Presiden Mesir Mohammed Mursi | Foto: google
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, MESIR – Pemerintah Mesir melapirkan mantan presiden Mohammed Mursi meninggal dunia akibat serangan jantung saat menghadiri persidangan terkait tuduhan spionase di Pengadilan Kairo, Senin (17/6).

Mengutip petugas medis, stasiun televisi pemerintah Mesir melaporkan Mursi memang telah lama mengidap tumor jinak. Jaksa penuntut umum mengatakan Mursi sempat jatuh pingsan dalam kurungan terdakwa di ruang sidang tak lama setelah berbicara.

Ia lalu dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit sekitar pukul 16.50 waktu setempat. Reuters melaporkan autopsi menunjukkan tidak ada tanda-tanda cedera dalam tubuh Mursi.

Sementara itu, dilansir AFP, sumber pengadilan dan keamanan mengatakan Mursi tampak bersemangat dan tak menunjukkan tanda-tanda sakit.

“Pengadilan mengabulkan permintaannya untuk berbicara selama lima menit. Dia jatuh ke tanah di dalam kurungan dan segera dibawa ke rumah sakit. Sebuah laporan medis menemukan tidak ada denyut nadi atau pernapasan,” demikian pernyataan kantor jaksa agung.

“Dia tiba di rumah sakit tepat pukul 16.50 dan tidak ada luka baru yang terlihat di tubuhnya.”

Baca juga: AS Jual 34 Drone Militer Ke 4 Negara, 8 Diantaranya Dijual di Indonesia

Sementara itu, kuasa hukum Mursi, Abdel-Menem Abdel-Maqsood, mengatakan kesehatan Mursi terbilang buruk saat di penjara. Presiden Mesir ke-5 itu dipenjara sejak digulingkan oleh militer pada 2013 setelah hampir setahun berkuasa. Ia digulingkan setelah protes massa terhadap pemerintahannya.

Sementara itu, Otoritas Mesir dilaporkan melarang mantan Presiden Mohammed Mursi dikuburkan di pemakaman keluarganya setelah meninggal dunia pada Senin (17/6).

Putra Mursi, Abdullah Mohamed Mursi, mengonfirmasi kabar ini kepada Reuters tak lama setelah Mursi dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit usai pingsan di Pengadilan Kairo.

Abdullah mengatakan bahwa hingga saat ini, pihak keluarga sendiri belum mengetahui lokasi jasad Mursi. Mereka juga belum bisa berkomunikasi langsung dengan otoritas. Keluarga hanya bisa berhubungan dengan otoritas melalui pengacara.

Larangan ini menimbulkan tanda tanya terkait penyebab kematian Mursi. Sebelumnya, pemerintah Mesir sudah menyatakan bahwa eks presiden itu terkena serangan jantung saat menghadiri persidangan kasus spionase di Pengadilan Kairo. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*