COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

130.718

132.816

2%

Kasus Baru

1.942

2.098

8%

Update: 13 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Ini Lho Soto Triwindu Kelangenan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo | Foto: presidenri.go.id/ journeyofindonesia
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Masih dalam rangka mudik Lebaran 2019, Presiden Joko Widodo mengajak keluarganya menyantap kuliner khas kampung halamannya di Solo. Kali ini, kakek dari Jan Ethes ini menyantap soto di kedai Soto Triwindu di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.20 WIB dengan menggunakan mobil. Melihat kedatangan Presiden, masyarakat sekitar dan pengunjung kedai soto langsung berebut untuk bersalaman.

Bagi orang asli Solo atau setidaknya lama tinggal di kota ini tentu saja tidak akan asing dengan warung Soto Triwindu. Warung soto yang didirikan sejak tahun 1939 ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Dahulu warung Soto Triwindu ini terletak di sebuah gang kecil di belakang Pasar Triwindu sebelum dilakukan revitalisasi seperti sekarang ini. Perlu sedikit perjuangan untuk dapat menemukan warung soto ini karena letaknya di gang sempit di antara kios-kios yang menjajakan barang-barang bekas.

Jalan setapak di gang tersebut cukup becek jika musim penghujan tiba. Namun siapa sangka, di antara gang-gang sempit dan terkesan kumuh tersebut terdapat sebuah warung soto yang tidak pernah sepi oleh pembeli.

Saat Pemkot Solo melakukan revitalisasi di Pasar Triwindu,di bilangan Ngarsopuro, warung soto ini pun ikut tergusur. Warung Soto Triwindu kini terletak di Jalan Teuku Umar nomor 50, Keprabon, Solo. Lokasinya sekarang pun cukup strategis, berada di pinggir jalan raya persis, sehingga cukup mudah ditemukan.

Baca juga: Pedagang Cindera Mata di Kawasan Keraton Solo Panen Rezeki

Soto Triwindu terdiri dari campuran nasi putih yang diletakkan di dalam mangkuk, diberi kecambah, irisan daging sapi, kemudian disiram dengan kuah soto yang bening, lalu ditaburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng.

Soto dari daerah Solo memang memiliki kuah yang bening dibandingkan dengan soto-soto dari daerah lain. Namun cita rasanya jangan ditanya, walau kuahnya terlihat bening namun bumbu rempah dicampur dengan air rebusan daging sangat nendang rasanya.

Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis dan juga kecap sesuai selera. Satu hal yang membuat warung soto ini istimewa adalah kuah soto yang dimasak menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat kemudian dipanaskan menggunakan arang sebagai bahan bakar.

Untuk pilihan lauk pauk sendiri cukup beragam disediakan di warung ini. Anda dapat memilih lauk standar seperti tahu, tempe, iso, babat, dan sebagainya. Di warung ini pun disediakan lauk yang mungkin cukup asing bagi Anda, terutama jika bukan berasal dari daerah Solo.

Namanya lentho, mirip seperti perkedel tapi terbuat dari campuran bahan dasar singkong dengan kacang tolo, kemudian dibentuk lonjong lalu digoreng. Rasanya gurih, cukup kenyal saat digigit, karena serat dari singkong sangat terasa dan cukup mendominasi rasa.

Lentho ini cukup pas dijadikan lauk untuk menemani menyantap Soto Triwindu ini. Gimana, penasaran? (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*