fbpx Press "Enter" to skip to content

Dua Pekan Dibuka, Pendaftar Calon Sekda Kota Semarang Nihil

Rabu, 12 Juni 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuka pendaftaran seleksi untuk mengisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang pada 29 Mei lalu. Dua pekan berlalu, pendaftar calon sekda masih nihil.

Ketua Pansel Terbuka Sekda Sekda Kota Semarang, Tavip Supriyanto mengatakan pengumuman tersebut pun telah dipublikasi di website resmi Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, pendaftaran dibuka sejak 29 Mei hingga 21 Juni mendatang.

Dia menambahkan seleksi ini tidak hanya bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kota Semarang saja namun terbuka bagi seluruh wilayah Jawa Tengah dengan catatan memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Menurut Tavip, belum adanya pendaftar disebabkan karena pembukaan pendaftaran seleksi terbuka Sekda berdekatan dengan cuti lebaran 2019. Dimungkinkan para peserta yang akan mendaftar belum mempersiapkan persyaratan yang harus diserahkan kepada panitia.

“Hingga Selasa (11/6) belum ada yang mendaftar. Mungkin karena kemarin masa libur Lebaran,” ucap Tavip, Selasa (11/6) seperti dikutip dari TribunJateng.

Menurut dia dalam seleksi ini, Pemkot Semarang melibatkan pihak eksternal untuk menjadi panitia seleksi (pansel) pengisian jabatan Sekada  Kota Semarang.

Baca juga: Begini Kesepakatan Pemkot Semarang dengan Warga Tambakrejo

Tahapan yang harus dilalui oleh bakal calon nantinya, adalah seleksi administrasi terlebih dahulu. Setelah itu, jika dinyatakan lolos, para calon akan melanjutkan seleksi kompetensi berkaitan dengan manajerial dan sosiokultural. Lalu, seleksi akan dilanjutkan dengan uji gagasan tertulis dan gagasan lisan.

Dalam gagasan tertulis, mereka harus membuat makalah terkait program kegiatan yang inovatif sesuai visi misi Wali Kota Semarang. Sedangan dalam gagasan lisan, para calon harus melakukan presentasi dan wawancara dengan Pansel.

“Jadi kami menilai kemampuan dan kompetensi-kompetensi para calon. Terakhir nanti, ada penelusuran rekam jejak,” ucapnya.

Adapun untuk tim Pansel terbuka Sekada kota Semarang, terdiri dari satu dari unsur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dan empat kalangan akademisi, antara lain Tavip Supriyanto dari unsur pemerintah provinsi, Ketua program magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono, Rektor Unika Soegijapranata Semarang Ridwan Sanjaya, Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Soeparno, dan Wakil Rektor Undip Darsono.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang, Litani Setyawati membenarkan hingga kini belum ada peserta seleksi yang mendaftar. Dia memperkirakan, para bakal calon sedang mempersiapkan berkas-berkas yang harus dikumpulkan.

“Kami harapkan dalam waktu dekat ini sudah ada pendaftar seleksi sekda. Para peminat kan harus mengurus beberapa persyaratan yang sepertinya baru bisa terselesaikan setelah libur lebaran,” kata Litani

Seperti diketahui, PJ Sekda Kota Semarang saat ini dijabat oleh Agus Riyanto, namun karena yang bersangkutan saat ini tengah menjalani perawatan karena sakit, maka jabatan tersebut untuk sementara diisi oleh Triyoto Sardjoko, yang sebelumnya menjabat Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretaris Daerah. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id