fbpx Press "Enter" to skip to content

Domestik Lesu, AP I Buka Penerbangan Solo – China

Minggu, 16 Juni 2019
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Lesunya penerbangan domestik saat ini mendorong PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo mengoptimalkan usahanya dengan membuka penerbangan langsung Solo-China.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan rencananya pembukaan rute internasional itu akan dilakukan pada Juli mendatang. Saat ini pihaknya tengah meminta tambahan slot penerbangan, yang rencananya akan dilayani oleh maskapai Citilink.

Dia menambahkan, guna mendongkrak pendapatan khususnya  dari pengembangan sektor pariwisata, pihaknya telah melakukan penjajakan di 13 kota di China. Akhirnya dipilih satu kota yaitu Kunming.

“Kami sedang mengupayakan rute Solo- Kunming China. Kemungkinan akan menggunakan pesawat terbang Airbus 320 Neo. InsyaAllah Juli mulai beroperasi, saat ini tahapnya sedang minta slot time,” katanya, belum lama ini.

Ia mengakui saat ini PT AP I sedang gencar mendorong rute penerbangan internasional seiring dengan rendahnya permintaan penerbangan domestik. Kondisi tersebut salah satunya terlihat dari menurunnya jumlah penumpang baik saat arus mudik maupun balik Lebaran.

“Saat arus mudik jumlah penumpang turun sampai 59 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, sedangkan saat arus balik turunnya 52 persen,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Sepi Penumpang Pesawat Trans Nusa Rute Cilacap-Semarang Dihentikan

Secara keseluruhan, berdasarkan data dari AP I Bandara Adi Soemarmo selama arus mudik dan balik Lebaran terjadi penurunan jumlah penumpang dari 162.758 di tahun lalu turun menjadi 79.867 di tahun ini.

Ia mengatakan sebelum arus mudik jumlah penumpang memang sudah mengalami penurunan. Bahkan ada beberapa rute yang dicabut oleh Lion Air.

“Dalam satu tahun ini ada sembilan rute yang dicabut oleh Lion Air, beberapa di antaranya merupakan rute emas, seperti Banjarmasin, Palembang, Palangkaraya, dan Balikpapan,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap dengan dibukanya rute internasional bisa mendongkrak jumlah penumpang yang melewati bandara tersebut. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id