56 Penerbangan Bakal Dipindah Ke Bandara Kertajati Majalengka

Ilustrasi | Foto: detik
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau disebut Bandara Kertajati mengumumkan rencana pemindahan 58 rute penerbangan domestik dengan pesawat jet, dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka, mulai 1 Juli mendatang.

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, total ada 56 penerbangan terdiri dari 28 take-off dan 28 landing, yang pindah ke Kertajati. Perpindahan penerbangan tersebut dilakukan bertahap dan tenggat terakhir pesawat jet rute domestik beroperasi di Husein Sastranegara adalah 30 Juni 2019.

“Kami selaku pengelola Husein Sastranegara dan Kertajati telah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah memperpanjang jam operasional Kertajati,” kata Yado dalam siaran pers, Rabu (19/6).

Sebelumnya, Direktorat Perhubungan Jenderal Udara Kementerian Perhubungan telah menyetujui perpanjangan jam operasional Kertajati dari 06.00-19.00 WIB menjadi 06.00-21.00 WIB.

Hal itu sesuai surat Direktur Bandara Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Nomor AU.101/0195/DBU/VI/2019 perihal Jam Operasi Bandar Udara.

Baca juga: Tunggu Evaluasi, BIY Belum Layani Penerbangan Internasional

Maskapai pun telah menyatakan siap untuk mengalihkan penerbangan dan saat ini juga tengah melakukan berbagai persiapan. Pihaknya optimistis tenggat paling lambat 1 Juli 2019 penerbangan domestik pesawat jet pindah ke Kertajati bisa dipenuhi.

Kertajati merupakan bandara terbesar di Jawa Barat dan nantinya diproyeksikan sebagai yang terbesar kedua di Indonesia. Pada tahap awal, kapasitas terminal penumpang di Kertajati dapat mengakomodir 5 juta penumpang per tahun, mengingat bandara ini juga diperkuat dengan runwayyang mampu melayani penerbangan pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas Boeing 777.

Berikut daftar maskapai yang mulai bulan depan mengoperasikan penerbangan domestik di Bandara Kertajati, sekaligus rute yang dilayani:

Garuda, dengan rute Surabaya dan Denpasar. Citilink, dengan rute Denpasar, Pekanbaru, Kualanamu, Palembang, Surabaya. Lion Air, dengan rute Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Kualanamu, Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, Ujung Pandang, dan Yogyakarta. AirAsia, dengan rute Denpasar.

Selain itu ada Xpress Air, dengan rute Palembang dan Padang. Serta Nam Air, dengan rute Surabaya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*