fbpx

Usai Lebaran, Dua Ekor Unta Bakal Ramaikan Semarang Zoo

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG  – Pengelola Semarang Zoo atau Kebun Binatang Mangkang, akan mendatangkan satwa khas gurun pasir jenis Unta untuk menambah magnet bagi wisatawan pada Lebaran 2019.

Manager Keuangan, Personalia dan Operasional Semarang Zoo, Acti Evan Anthadona mengatakan tadinya pihaknya ingin mendatangkan dua unta itu pada saat libur Lebaran, namun terkendala administrasi. Sehingga kemungkinan besar unta ini akan hadir setelah lebaran nanti.

“Saat ini kami sedang usahakan, tapi karena minggu depan instansi sudah libur, kami terkendala masalah administrasi. Mungkin, setelah lebaran, baru bisa didatangkan ke sini,” katanya, Kamis (23/5) seperti dikutip Jatengtoday.com.

Dikatakannya, pihaknya berupaya mengebut administrasi agar pada libur lebaran ini satwa Unta tersebut bisa didatangkan. “Kalaupun tertunda, diperkirakan tidak jauh-jauh setelah Lebaran,” bebernya.

Sesuai rencana, lanjutnya, pihaknya akan mendatangkan dua ekor unta menjadi koleksi satwa baru di Semarang Zoo. Satwa tersebut didatangkan dari kebun binatang lain dengan status perjanjian penitipan rawatan satwa.

“Sebelumnya memang terganjal izin Lembaga Konservasi (LK). Setelah Bonbin menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) per April 2018 lalu, saat ini telah berganti menjadi PT Margasatwa Semarang “Semarang Zoo” maka untuk bertukar koleksi dengan kebun binatang lainnya bisa dilakukan,” katanya.

Baca juga: Plaza Goa Kreo, Bridge Fountain Dan Semarang Zoo Jadi Magnet Kuat Wisatawan

Prosesnya, lanjut Evan, pertukaran satwa melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di wilayah kebun binatang tersebut berada. Termasuk melakukan koordinasi dengan BKSDA Jateng. “Setelah itu baru diserahkan kepada kami,” katanya.

Selain itu, lanjut Evan, pihaknya juga mempersiapkan sejumlah wahana serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung menyambut liburan lebaran tahun ini.

“Perbaikan wahana permainan sudah kami lakukan, termasuk perawatan kandang agar lebih rapi,” katanya.

Seperti dibereitakan, Semarang Zoo sejak 2018 lalu akandipercantik dengan tambahan hewan maupun wahana baru.

Direktur Semarang Zoo, Samsul Bahri Siregar mengatakan, penambahan wahana tersebut merupakan bagian dari perbaikan di Semarang Zoo secara keseluruhan. Dengan demikian diharapkan pendapatan dari tiket masuk juga akan semakin tinggi. (Wiek/lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *