fbpx Press "Enter" to skip to content

Traffic Light Jrakah hingga Mangkang Paling Rawan Macet saat Lebaran

Sabtu, 18 Mei 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Persimpangan Jrakah Kota Semarang diprediksi bakal jadi penumpukan kendaraan selama musim Lebaran nanti.

Ruas jalan tersebut diprediksi menjadi titik rawan terjadi kemacetan akibat penumpukan kendaraan saat mudik Lebaran 2019.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, M Khadik mengatakan, di Tol Kalikangkung apabila terjadi antrean hingga kurang lebih 3 kilometer, maka arus lalu-lintas akan dialihkan menuju exit tol Kaliwungu.

Hal itu diperkirakan akan memicu terjadinya penumpukan kendaraan di ruas jalur pantura. Terutama di ruas pantura di wilayah Mangkang hingga traffic light Jrakah.

Baca jugaPemudik Diimbau Hindari Titik Rawan Macet di Jateng Berikut Ini

“Penumpukan kendaraan paling rawan di traffic light Jrakah sampai Mangkang,” katanya, Jumat (17/5) seperti dikutip Jatengtoday.com.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Khadik telah membuat posko terpadu untuk memberikan penanganan. Pihaknya bersama Polrestabes Semarang, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP akan menyiagakan 13 posko mudik di Kota Semarang.

Beberapa diantaranya yaitu Simpang Jrakah, Terminal Mangkang, Exit Tol Kalikangkung, Pasar Karangayu, Terminal Cangkiran, Terminal Gunungpati, Kantor Dishub, Tugu Muda, dan Simpang Lima. Posko mudik tersebut akan mulai disiagakan mulai H-7 hingga H+7 lebaran.

“Kami juga sudah mengecek rambu-rambu permanen di sejumlah titik di Kota Semarang. Rambu-rambu portable dan penerangan jalan juga sudah disiapkan,” katanya.

Sejumlah pos untuk tempat istirahat bagi para pemudik juga telah dipersiapkan. Selain itu, petugas akan melayani konsultasi mengenai informasi arus mudik, tujuan, maupun jalur-jalur alternatif.

“Kami upayakan kelancaran lalu lintas para pemudik yang masuk menuju Kota Semarang baik dari arah barat, selatan, tenggara, maupun timur, dari tol maupun jalur biasa,” katanya.

Selain itu, sejumlah jalur alternatif juga telah dipersiapkan apabila terjadi kemacetan. Salah satunya jalur alternatif dari arah barat Kota Semarang ke selatan, pemudik bisa melalui Mangkang-Podorejo-Kedungpane-Mijen-Cangkiran-Gunungpati-Ungaran.

Sedangkan dari arah timur ke selatan, selain melalui jalur pantura, pemudik bisa melalui Jalan Kaligawe-Jalan Woltermongonsidi-Jalan Fatmawati-Klipang-Segar Bencah-Jalan Prof Sudharto-Jalan Setia Budi-Ungaran. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id