Spanduk “Tolak NYIA” Pada Demo Buruh di Jogja

spanduk
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Sejumlah aliansi buruh dari berbagai latar belakang profesi menggelar aksi demonstrasi di Jogja pada Hari Buruh 1 Mei 2019. Mereka menyuarakan beberapa tuntutan untuk peningkatan kesejahteraan buruh. Yang menarik, ada spanduk bertuliskan ‘Tolak NYIA Selamatkan Petani Kulonprogo’.

Biasanya aksi buruh itu disertai dengan tuntutan peningkatan kesejahteraan buruh, seperti kenaikkan upah, upah sesuai UMK, tolak PHK sepihak dan hak-hak buruh lainnya. Namun, ada yang berbeda dengan tuntutan yang disampaikan massa Aliansi Rakyat Untuk 1 Mei (Arus).

Ratusan massa tersebut membawa spanduk kecil bertuliskan beberapa tuntutannya ke pemerintah berkaitan dengan hak-hak buruh.

Di antaranya ‘cuti haid tanpa periksa, tolak NYIA selamatkan petani Kulon Progo’, ‘dukung KPK, buruh lawan korupsi’, lawan 3 setan, militerisme, fasisme dan fundamentalisme’, ‘K3 adalah HAM’ dan ‘lawan union busting’.

Aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Buruh di Kota Yogyakarta berlangsung di beberapa titik. Salah satunya di sepanjang Jalan Malioboro dengan cara long march dari Taman Parkir Abu Bakar Ali hingga titik nol kilometer Yogyakarta.

Selain itu ada pula peserta aksi yang menggunakan sepeda motor. Mereka mengungkapkan sejumlah tuntutan kepada pemerintah karena selama ini mendapat upah murah. Mereka juga mengaku hidup miskin.

Baca juga: Mantan Buruh Pabrik Bulu Mata Palsu, Diminta Beralih Ke UMKM

Koordinator Umum Arus, Feri Taufik Ridwan, mengatakan pihaknya mengecam penerapan upah buruh murah di Kota Yogyakarta. Pihaknya menuntut kepada Pemkot Yogyakarta dan Pemda DIY untuk menaikkan upah.

“UMP Yogya hari ini adalah UMP terendah se Indonesia,” ucap Feri kepada wartawan di sela aksi di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY Jalan Malioboro, Rabu (1/5).

“Ini sangat berkebalikan dengan bagaimana pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah Yogya. Pembangunan Infrastruktur tapi tidak diikuti dengan pembangunan kemanusiaan,” sambungnya.

Feri lantas menyinggung kebutuhan hidup layak (KHL). Berdasarkan penghitungan buruh, KHL di Kota Yogyakarta adalah Rp 2.5 juta. Namun Pemda DIY menetapkan UMP 2019 Rp 1.570.922 dan UMK Yogyakarta Rp 1.846.400.

“Itu artinya apa? Buruh di Yogyakarta harus hidup dalam kemiskinan,” katanya.

Selain Arus, buruh lainnya yang long march di Jalan Malioboro yakni Gerakan Rakyat Untuk Satu Mei (Gerus). Kemudian juga ada buruh yang long march dengan cara mengendarai kendaraan bermotor dengan membawa poster. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*