Ratusan Massa Gerakan Kawal Suara Rakyat Berniat Geruduk KPU Jateng

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Kawal Suara Rakyat melakukan long march dari bundaran air mancur Jalan Pahlawan ke depan Gedung Mapolda Jawa Tengah.
Mereka berniat menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng untuk berunjuk rasa, namun dihadang oleh petugas.

Pihak kepolisian telah mengantisipasi dan melakukan sejumlah rekayasa lalulintas dengan menutup sejumlah ruas jalan yang mengarah ke kantor KPU Jateng di Jalan Veteran, dengan memasang barier atau kawat berduri.

Dari pantauan lapangan JoSS.co.id, polisi membentangkan kawat di samping Mapolda Jawa Tengah atau ujung Jalan Veteran yang mengarah ke kantor KPU Jateng. Selain itu pagar serupa juga dipasang di depan kantor KPU Jateng.

Arus lalu lintas juga dialihkan yaitu mobil dari Selatan atau atas di Jalan Diponegoro diminta berbalik dan akhirnya ditutup. Jalan Veteran ditutup total begitu pula Jalan Pahlawan juga ditutup sebagian. Untuk arus lalul intas dari Jalan Sriwijaya pengalihan dilakukan mulai di depan wonderia. Seluruh kendaraan dialihkan ke Jalan Singosari.

Baca juga: Ini Daftar Perolehan Kursi Legislatif di Jateng

Dengan membentangkan poster dan berorasi, massa meneriakkan protes dan kecaman terhadap lembaga KPU yang dianggap melakukan kecurangan dengan menambah jumlah suara untuk paslon capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Aksi ini bentuk perlawanan kami terhadap KPU yang telah melakukan kecurangan dengan memenangkan paslon 01. Kami harus melawan, dengan mendatangi dan mengepung Kantor KPU”, ujar Mimin, salah satu peserta aksi demo, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Massa juga membawa kartu merah dan tulisan “kartu merah untuk KPU” dan “ungkap misteri kematian petugas KPPS”.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan selain menempatkan personel dari beberapa unsur, Polisi juga menempatkan pagar kawat berduri untuk menghalau massa.

“Langkah kami adalah mengamankan Kantor KPU Jateng yang sekarang dalam proses menghitung suara dari beberapa kabupaten/kota. Silakan saudara-saudara ini berdemo, kami jaga dan amankan, tapi jangan sekali-kali buat rusuh apalagi mencoba melakukan penyerangan. Kami hadapi,’ katanya.

Hingga Jumat siang ini, KPU Jateng telah menyelesaikan penghitungan suara di 30 kabupaten/kota. Sisanya lima daerah kabupaten/kota yakni Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Brebes akan diselesaikan hari ini meski hingga dini hari. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*