fbpx Press "Enter" to skip to content

Ini Daftar Perolehan Kursi Legislatif di Jateng

Senin, 6 Mei 2019
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dari total 120 kursi anggota legislatif DPRD Jawa Tengah yang diperebutkan dalam Pemilihan Legislatif 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipastikan akan menjadi pemilik kursi yang terbanyak.

Perolehan klursi Pileg 2019 partai berlambang banteng moncong putih ini diperkirakan mencapai 40 kursi, meningkat drastis dibandingkan dengan perolehan suara pada Pileg 2014  sebanyak 27 kursi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto mengatakan selain kerja struktural partai, perolehan kursi juga dipengaruhi coat-tail effect di Pilpres. Ia pun menyebut perolehan PDI Perjuangan di DPRD Jateng bisa mencapai angka 34-36%.

“Persentase itu jika dikalikan jumlah kursi di DPRD Jateng 120, maka artinya PDIP sudah mengalkulasi 40 kursi menjadi miliknya,” katanya seperti dikutip dari Kumparan, Minggu (5/5).

Urutan kedua adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah, Sukirman mengatakan perolehan kursi di DPRD Jateng periode 2019-2024 naik hampir dua kali lipat. Pada Pileg 2019 ini, PKB menghitung akan memperoleh 22 kursi, atau naik sembilan kursi dari Pileg 2014.

Urutan ketiga, bisa jadi diduduki Partai Golkar atau Partai Gerindra. Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono mengatakan Partai berlambang pohon beringin tersebut memperoleh 13 kursi atau naik tiga kursi dibandingkan Pileg 2014. Jumlah itu sebenarnya masih di bawah target, yakni 17 kursi.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid belum mengetahui detil itung-itungan pasti kursi yang akan dimiliki di DPRD Jawa Tengah untuk periode 2019-2024. “Ada yang dobel di satu dapil, tapi ada juga yang lepas. Kalau jumlah berapa, belum bisa diketahui. Tapi kalau dibanding Pileg 2014 dengan perolehan 11 kursi, kami optimis lebih,” kata Wachid.

Baca juga: 18 Puskesmas di Jogja Siap Menerima Caleg Stres

Urutan selanjutnya bisa jadi diduduki Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem atau Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Perolehan kursi PKS di DPRD Jawa Tengah pada Pileg 2019 bisa jadi akan stagnan. Data internal DPW PKS Jawa Tengah menyebutkan kemungkinan kursi yang akan diraih 10 kursi atau sama dengan perolehan pada Pileg 2014.

Sementara Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Tengah Setyo Maharso optimis semua dapil akan menempatkan minimal satu caleg nasdem. Jika ini terealisasi maka Nasdem akan memiliki minimal 13 kursi.

Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memprediksi akan memperoleh 8-10 kursi pada Pileg DPRD Jawa Tengah 2019, yang artinya akan ada penambahan dari jumlah kursi saat ini.

Partai Demokrat pesimis dengan perolehan kursi di DPRD Jawa Tengah pada Pileg 2019. “Kalau melihat secara nasional seperti itu, yang jelas berpengaruh,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, AS Sukawijaya.

Sementara itu Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah Umar Hasyim mengatakan perlehan kursi PAN di DPRD Jateng setidaknya sama dengan Pileg 2014, delapan kursi. Dari jumlah itu, ada caleg petahana yang menjabat lagi namun ada juga yang nama-nama baru. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id