Puluhan Anggota Polres Wonosobo Ikuti Program Polisi Mengaji

Polres Wonosobo
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, WONOSOBO – Bulan suci Ramadhan ini, puluhan anggota polisi di Kepolisian Resor Wonosobo mengikuti program polisi mengaji atau belajar membaca kitab suci Al Quran. Dalam kegiatan polisi mengaji ini, Polres Wonosobo menggandeng Pondok Pesantren Al Mansyur untuk membantu memberikan pelajaran cara membaca Al Quran.

Kapolres Wonosobo,  Abdul Waras, mengatakan pogram polisi ngaji ini dilakukan sejak dirinya menjabat Kapolres Wonosobo.

Di luar bulan Ramadhan, program polisi ngaji dilakukan dengan mengikuti kegiatan pengajian-pengajian untuk menambah wawasan, keimanan, dan pengetahuan tentang keagamaan.

“Kebetulan di daerah Wonosobo ini banyak pondok pesantren sehingga ini sebagai peluang bagi Polres untuk sekaligus menyesuaikan kearifan lokal, ikut bergabung dengan masyarakat, menambah pengetahuan dan belajar masalah agama,” kata Abdul Waras, seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (11/5)

Sebelum berlangsung Polisi Mengaji, dilakukan seleksi terlebih dulu. Lantaran terdapat sebagian yang belum bisa membaca Al Quran.

“Kami berharap para staf ini bisa dan tahu cara membaca Al Quran yang benar, kemudian harapan kami lebih tinggi lagi nanti bisa memahami dan mengamalkannya apa kandungan Alquran,” katanya.

Baca juga: Alun-alun Manunggal Gombong Akan Diramaikan Pasar Ramadhan

Seorang anggota Satuan Pembinaan Masyarakat (S‎at Binmas) Polres Wonosobo, Brigadir Hanna Dewi Masitoh, mengaku senang dengan program ‘Polisi Ngaji’ yang di antara programnya adalah belajar mengaji bersama.

Menurutnya, dengan program yang digagas oleh Kapolres tersebut, anggota bisa belajar membaca Al Quran secara baik dan benar dengan bersama-sama.

“Kalau tak ada program seperti ini, mungkin tak sempat belajar ngaji, apalagi dilakukan secara bersama-sama‎,” ujar Hanna, di sela-sela kegiatan, seperti yang dilansir dari tribunnews.com.

Sementara Abdul Waras menambahkan, secara esensinya kata “ngaji” dalam program ini dapat dijabarkan sebagai kependekan dari “nggawe aman jaga iman”, artinya bahwa dengan keberadaan polisi di masyarakat ini membuat suasana aman dan nyaman.

Ia mengatakan jangan ada lagi pandangan masyarakat bahwa begitu ada polisi malah tidak aman atau masyarakat merasa terganggu dan sebagainya.”Kemudian menjaga iman, dengan adanya program polisi ngaji, kita ikut pengajian yang dilakukan di pesantren-pesantren karena di sini mayoritas Muslim dan banyak pondok pesantren,” tambahnya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*