Pemda DIY Tindaklanjuti Kasus Antraks di Gunungkidul

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pemerintah DIY terus menindaklanjuti adanya dugaan penyakit anthraks yang muncul di daerah Gunungkidul.

Sekda DIY, Gatot Saptadi menegaskan pemerintah daerah telah menindaklanjuti kematian tiga ekor sapi yang diduga terkena antraks. Pihak pemerintah pun terus melakukan pemantauan terkait dengan penyebab penyakit ini.

“Sudah ada tindak lanjut dan sejauh ini belum bisa ngomong antraks, kematian tiga ekor sapi ini kami pantau, ” ujar Gatot kepada Tribun Jogja, Jumat (24/5) siang seperti dikutip Tribunogja.com.

Pihaknya akan terus memantau kematian tiga ekor sapi berikut juga penyakitnya. Untuk manusianya, baru mau dicek dan sesuai dengan aturan menunggu hingga 60 hari lagi.

“Dari temuan atau data selanjutnya baru akan diputuskan (antraks atau bukan). Sekarang masih suspect,” jelasnya.

Baca jugaPemda DIY Genjot Pendapatan Sektor Pariwisata Rp850 Miliar

Dia menjelaskan, pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY telah melakukan pengawasan. Penguburan sapi yang mati ini pun dilakukan sesuai prosedur yang ada.

“Teknologi penguburannya dengan disemen dan dagingnya jangan dikonsumsi, ” paparnya.

Pihaknya juga menegaskan, pengawasan peredaran daging sapi pun terus dilakukan. Masyarakat juga diminta untuk berhati-hati dalam mengonsumsi daging.

“Teman di lapangan seperti camat nanti bisa memberikan informasi valid terkait dengan kematian sapi karena penyakit,” jelasnya.

Sementara itu berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mencegah penyebaran bakteri antraks yang ditemukan di RT 3 Dusun Grogol 4, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Selain membatasi lalu lintas hewan ternak di daerah tersebut, pemkab melalui Dinas Kesehatan juga melakukan antisipasi jangan sampai antraks menular ke manusia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menyampaikan bentuk antisipasi yang dilakukan oleh Dinkes adalah melakukan screening atau pemantauan langsung kepada masyarakat di Grogol 4, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Ia menjelaskan tidak semua masyarakat dilakukan screening karena untuk menjaga situasi tetap kondusif. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*