Motor Pemudik Gratis bakal Diparkir di Rooftop Terminal Tirtonadi Solo

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Lebih dari 500 sepeda motor diprediksi akan tiba di Terminal Tirtonadi pada Kamis (30/5).

Pengelola Terminal Tirtonadi Solo, menetapkan lantai dua atau rooftop terminal akan dijadikan tempat penataan sepeda motor yang tiba dari Jabodetabek.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan penggunaan lantai dua terminal sebagai hasil evaluasi pada tahun sebelumnya.

Lantai dua terminal yang saat ini juga berfungsi sebagai lokasi parkir dirasa memungkinkan menampung lebih dari 500 kendaraan.

“Tahun lalu pemudik sangat antusias ketika melihat sepeda motornya, sehingga langsung berlarian menuju ke arah sepeda motornya tanpa melihat bus yang berjalan. Hal itu sangat membahayakan selain menganggu aktivitas bus,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com.

Baca jugaJelang Lebaran Taman Bendung Tirtonadi Solo Malah Tutup

Menurutnya, berdasarkan informasi awal program mudik gratis Kementerian Perhubungan, terdapat 13 angkutan truk dengan kapasitas 40 sepeda motor yang akan menuju Terminal Tirtonadi Solo sejak Rabu (29/5). Namun, jumlah itu diprediksi bisa lebih banyak.

Penataan lokasi merupakan detail yang harus dipersiapkan secara matang. Menurutnya, apabila fungsi terminal hanya digunakan sebagai lokasi drop off pemudik akan lebih mudah.

Namun, penataan sepeda motor yang tiba menjadi hal yang cukup vital karena terminal pada hari datangnya sepeda motor sudah ramai. Sehingga jangan sampai terjadi tidak teraturnya masyarakat akibat kurangnya koordinasi.

Pemindahan dari bagian timur ke lantai dua masih menyimpan beberapa persoalan. Lokasi dropoff sepeda motor berada di sebelah timur terminal, sehingga diperlukan personel untuk memindahkan motor.

“Mau didorong atau dikendarai kami belum mengetahui teknisnya nanti seperti apa, yang jelas seluruh personel terminal sudah siap,” ujarnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*