Menhub Kaji Penambahan Rute Kereta Bandara Solo ke Sragen Hingga Klaten

menhub
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan kemungkinan adanya penambahan kereta Bandara Adi Soemarmo jurusan Sragen dan Klaten. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak jumlah penumpang.

Hal itu diungkapkan di sela kunjungan ke Stasiun Kereta Api Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi Surakarta, serta progress pembangunan jalur stasiun kereta bandara. Budi menuturkan pihaknya perlu melakukan riset terkait penambahan stasiun Sragen hingga di Klaten untuk mendongkrak penumpang.

Menurutnya, efektivitas dari kereta bandara ini harus dimaksimalkan agar produktif dan mampu menjaring penumpang sebanyak-banyaknya. Untuk itu, lanjutnya pihaknya meminta kepada Dirjen untuk meneliti lebih jauh terkait potensi yang ada.

“Apakah kita akan membuat Solo Balapan ini ke (bandara) Adi Soemarmo saja atau kita sampai mana,” katanya, seperti dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Tiga Stasiun Ini Akan Melayani Penumpang Kereta Bandara Baru

Sabtu, (4/5) Menhub mengunjungi sejumlah tempat di Solo.  Berompi dan helm safety, Budi memasuki area pembangunan sekaligus melihat miniatur rencana jalur kereta api yang sedang dibangun. Selain itu, ia juga meninjau tempat pembelian tiket kereta api bandara dan jalur kereta api bandara.

“Kita juga ingin tahu sistem tarifnya seperti apa, kita ingin terintegrasi dan single ticket ya,” tutur Budi.

Selama tinjauan, ia berdiskusi dan memberikan masukan tentang arahan pembangunan yang sedang berjalan bersama Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri. Untuk jalur kereta api bandara ke Stasiun Solo Balapan diperkirakan dapat dioperasikan pada bulan Juli.

“Untuk jalur kereta api bandara Adi Soemarmo target akhir Juni sudah selesai dan Juli ini bisa beroperasi, tadi sudah disampaikan panjangnya 10,13 km. Masalah lahan ada tinggal sedikit yang perlu kita selesaikan dan akan selesai sesuai dengan target tadi,” papar Zulfikri. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*