COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

111.455

113.134

1%

Kasus Baru

1.519

1.679

11%

Update: 3 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Luberan Parkir Pengunjung Pusat Perbelanjaan di Situbondo Bikin Macet

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SITUBONDO – Sejumlah pusat perbelanjaan di Situbondo tak memiliki lahan parkir. Alhasil, banyak pengunjung yang memarkirkan kendaraan sembarangan hingga meluber ke jalan raya yang merupakan jalan nasional yang biasanya dilalui pemudik, baik dari arah Surabaya maupun Banyuwangi.

“Sementara ini kita masih melakukan langkah persuasif kepada masyarakat dan pengelola, agar parkir tidak melanggar dan tidak sampai mengganggu pengguna jalan raya. Karena sudah mendekati arus mudik,” kata KBO Satlantas Polres Situbondo, Supoyo, seperti dikutip dari detiknews.com, Senin (27/5).

Baca jugaAntisipasi Kemacetan, Jasamarga Solo-Ngawi Tambah 14 Gardu Satelit

Berdasarkan pantauan, selama arus mudik mendatang ada beberapa titik berpotensi rawan macet di pusat perbelanjaan di Situbondo. Di antaranya di Jalan A Yani, Jalan Pemuda, serta di Jalan Diponegoro, yang seluruhnya masuk Kota Situbondo. Di jalan-jalan tersebut terdapat sejumlah pusat perbelanjaan yang selalu ramai jelang lebaran.

Namun, hingga kini kebanyakan masih menggunakan tepi jalan raya sebagai lokasi parkir kendaraan pengunjung. Padahal, jalan-jalan itu merupakan perlintasan arus mudik arah Surabaya maupun arah Banyuwangi.

Meski sudah satu arah, namun bukan tak mungkin arus lalin di kawasan itu terjadi kemacetan. Sebab, selain banyaknya kendaraan parkir di tepi jalan, juga banyak pengunjung seliweran menyeberang jalan.

“Seiring meningkatnya volume kendaraan saat arus mudik nanti, kita akan melakukan giat Gaktib Lalin di kawasan itu. Termasuk dengan menempatkan personel melakukan penjagaan di titik-titik rawan tadi,” tambahnya.

Luberan parkir kendaraan khususnya roda empat akan dibuat memanjang di sepanjang tepi jalan. Sehingga tetap akan memberikan ruang yang cukup bagi pengguna jalan yang akan melintas. Meskipun konsekuensinya parkir kendaraan pengunjung cukup berjauhan dengan pusat perbelanjaan.

Sekadar diketahui, Jalan A Yani Situbondo selama ini dilintasi kendaraan satu arah menuju ke arah timur atau Banyuwangi. Sementara jalan Pemuda dan Jalan Diponegoro satu arah menuju ke arah barat atau Surabaya. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*